Home » , , , » Penggunaan Alat Kontrasepsi Bisa Menimbulkan Efek Samping

Penggunaan Alat Kontrasepsi Bisa Menimbulkan Efek Samping

Penggunaan Alat Kontrasepsi diprogramkan untuk mengendalikan tingkat kelahiran yang tinggi. Sehingga tidak memicu permasalahan sosial di suatu Negara. Ketidakcocokan alat KB antara satu dengan yang lain akan berbeda, dan untuk itu sebelum pemasangan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan anda. Bagi beberapa wanita, penggunaan kontrasepsi bahkan meninmbulkan gejala mual, pusing, dan efek samping lainnya.

Sebagai pengetahuan untuk anda, Tips Sehat Keluarga Buda akan memberikan informasi, lima efek samping yang paling sering dirasakan oleh penggunanya.

Pusing, Sakit Kepala dan Nyeri Payudara
Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi pil KB sering mengalami efek samping rasa pusing, sakit kepala, dan nyeri pada payudara. Gejala ini biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun apabila terus berlanjut, segera hentikan konsumsi pil KB dan ganti ke merek pil KB atau jenis alat kontrasepsi yang lain.

Mual
Konsumsi Pil KB biasanya juga akan menyebabkan rasa mual, dan biasanya akan hilang dalam beberapa bulan. Untuk mengatasi rasa mual, anda bisa mengkonsumsi makanan tertentu sesaat setelah minum pil KB (seperti buah salak). Namun apabila rasa mual disebabkan karena, penggunaan kontrasepsi lain, seperti cincin vagina atau patch (berbentuk seperti koyo), maka sebaiknya anda mulai berfikir untuk menggunakan kontrasepsi lain.

Pendarahan
Pendarahan bisa ditimbulkan pada wanita yang menggunakan alat KB suntik, pil atau spiral. Efek samping ini, sering membuat stres apabila dibandingkan efek lainnya seperti pusing atau mual. Apabila dalam waktu 3 hari pendarahan tidak juga berhenti, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Karena mungkin saja KB Spiral yang anda gunakan tidak tepat dalam pemasangannya.

Menurunkan gairah seks
Penurunan gairah seksual setelah penggunaan Pil KB juga dialami oleh beberapa wanita. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti pil KB dengan yang lebih androgenic. Hal ini biasanya akan menormalkan libido wanita. Namun apabila belum berhasil juga, segera temui dokter untuk mengganti ke jenis alat kontrasepsi yang lain.

Depresi
Beberapa wanita yang mengkonsumsi pil KB akan mengalami perubahan Mood (emosi) yang lebih tinggi. Mengganti merk PIL KB yang lain biasanya tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan. Sehingga mengganti Penggunaan Alat Kontrasepsi jenis lain (non-hormonal) bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Ringkasan:
  • Penggunaan Alat Kontrasepsi yang sering menimbulkan efek samping pada wanita bertujuan untuk mengendalikan tingkat kelahiran,
  • Efek Samping KB yang sering ditemui adalah Pusing, sakit kepala, mual, nyeri payudara pendarahan dan depresi.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger