Home » , , , , » Penyakit Mata Menambah Penderita Kebutaan Setiap Menit

Penyakit Mata Menambah Penderita Kebutaan Setiap Menit

Kesehatan Mata Penyebab Kebutaan
Penyakit Mata tidak hanya masalah kebutaan, namun ada beberapa gangguan kesehatan mata lain yang tentu akan menurunkan kualitas hidup penderitanya dan orang-orang di sekitarnya. Kebutaan di Indonesia sangat tinggi, hal ini diperkuat berdasarkan data dari WHO tahun 2010, diperkirakan setiap satu menit ada satu orang Indonesia mengalami kebutaan.Sebagian besar yang masuk dalam data tersebut adalah berada di daerah miskin dengan kondisi ekonomi yang rendah. Untuk itu, sangat penting memberikan edukasi kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan Mata. Saat ini ada lima penyakit mata yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia, yang diantaranya adalah:
  • Kelainan Refraksi pada mata dibagi menjadi empat yaitu: presbiopi (menurunnya kemampuan akomodasi lensa), miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), dan astigmatisme (silindris). Untuk mengatasi gangguan kesehatan mata ini, penderita sebaiknya menggunakan kaca mata, lensa kontak, atau lasik, dan pemeriksaan rutin satu kali dalam satu tahun sehingga tidak bertambah parah.
  • Penyakit Konjungtivitis, disebabkan karena adanya peradangan pada selaput mata yang disebabkan bakteri, virus atau jamur. Gejala yang dari Masalah Kesehatan mata ini adalah mata terasa gatal, merah, dan berair. Agar terhindar dari kebutaan, pengobatan dilakukan dengan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter.
  • Penyakit mata Pterigium, disebabkan karena adanya pertumbuhan jaringan berbentuk segitiga di lapisan membran tipis bening (konjungtiva) di bagian mata yang berwarna putih. Hal tersebut karena terkena radiasi sinar ultraviolet, paparan matahari dan iritasi kronis karena terkena asap, debu, angin, atau benda-benda asing lainnya. Gangguan Mata Pterigium ringan dapat diatasi dengan penggunaan obat tetes sesuai dengan petunjuk dokter. Namun apabila gejala yang dirasakan lebih parah, perlu dilakukan operasi pengangkatan.
  • Katarak adalah Gangguan Kesehatan Mata yang disebabkan karena lensa mata yang keruh, dan menghalangi cahaya yang masuk ke retina. Penyakit mata ini biasanya disebabkan karena usia, paparan sinar ultraviolet, penggunaan obat steroid dan penyakit diabetes. Katarak menjadi penyebab kebutaan tertinggi di Indonesia. Dan untuk mengatasinya perlu dilakukan pengangkatan lensa berkabut yang sudah tua dan mengganti dengan implantasi lensa plastik baru.
  • Glaukoma adalah penyakit mata yang memicu kebutaan nomer dua di indonesaia setelah katarak. Penyakit ini disebabkan oleh peningkatan tekanan pada bola mata. Penyakit mata ini, menurunkan dan luas pandang menjadi semakin menyempit. Penyakita Glaukoma ringan pada mata bisa diatasi denganmenggunakan obat tetes sesuai petunjuk dokter.
Ringkasan:
  • Di tahun 2010, satu orang dalam satu menit di indonesia mengalami kebutaan,
  • Penyakit Mata yang memicu kebutaan adalah  Katarak, Glaukoma, Pterigium, Konjungtivitis dan Kelainan Refraksi.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger