Home » , , , » Penyebab Insomnia dan Ancaman Komplikasinya

Penyebab Insomnia dan Ancaman Komplikasinya


Penyebab Insomnia dan Komplikasi
Penyebab Insomnia dan efek yang ditimbulkan beragam, tergantung kebiasaan orang yang mengalami gangguan susah tidur. Insomnia adalah seseorang yang sulit untuk memulai tidur ataupun mempertahankan tidur pada waktu jam tidur normal, yang berlangsung dalam waktu beberapa hari berturut-turut, berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun.

Gangguan Insomnia biasanya bersifat temporer, dan dapat dibagi dalam beberapa klasifikasi, sesuai dengan berapa lama kondisi gangguan tidur yang dialami oleh penderita. Dan secara garis besar dibagi menjadi:
  • Insomnia akut adalah gangguan tidur yang terjadi dalam waktu yang singkat, yaitu antara 1 malam sampai beberapa minggu.
  • Insomnia kronis adalah gangguan tidur yang dialami minimal 3 malam dalam satu minggu dan terjadi selama 1 bulan atau lebih.

Penyebab Insomnia yang paling umum adalah kebiasaan menonton TV di saat jam tidur malam. Sinar dari televisi akan mempengaruhi kelenjar pineal, yang mengatur siklus tidur, untuk memerintahkan otak mengurangi produksi melatonin yang merupakan hormon tidur.

Sedangkan penyebab Insomnia yang berdasarkan kondisi medis adalah:
  • Pasien gagal jantung dan iskemia pada pembuluh koroner,
  • Kondisi degenerative, Stroke, demensia, dan gangguan tidur karena gangguan CNS
  • Monopause, Hipotiroid, berada dalam siklus menstruasi, kehamilan dan hipogonadism,
  • Gangguan paru obstruktif, asma sindrom, sleep apnea syndrom,
  • Penyakit muntahan cairan lambung
  • Konsumsi obat seperti koritokosteroid, dekongestan, dan bronkondilator
  •  Kondisi gangguan kesehatan yang lain seperti demam, nyeri dan infeksi.

 Mencegah Insomnia

Selain menyebabkan sulit berkonsentrasi pada siang hari, insomnia juga meningkatkan risiko penyakit jantung, pembuluh darah, dan kanker prostat pada pria. Untuk itu, anda bisa melakukan beberapa aspek seperti dibawah ini, untuk mendapatkan tidur berkualitas.
  • Buat jadwal tidur
  • Pergi ke tempat tidur ketika anda telah merasa lelah dan sangat mengantuk.
  • Hindari tidur siang, agar dimalam hari anda merasa mengantuk yang berat.
  • Hindari konsumsi kafein, alkohol dan nikotin (rokok) di malam hari.
  • Hindari makan, menonton TV, ataupun membaca di tempat tidur.
  • Hindari aktifitas berat 3 jam sebelum waktu tidur.
  • Segera tinggalkan tempat tidur apabila anda sulit tertidur.

Ringkasan:
  • Insomnia adalah gangguan sulit tidur yang terjadi beberapa hari berturut-turut, bahkan berbulan-bulan.
  • Gangguan Tidur Insomnia memicu terjadinya beberapa penyakit kronis mematikan.




Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger