Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jarak Berhubungan Suami Istri setelah Persalinan


Jarak Berhubungan Suami Istri sering menjadi pertanyaan besar bagi keluarga baru yang baru mempunyai anak satu. Hal ini memang didasarkan dari keinginan untuk berhubungan Berhubungan Suami Istri bisa timbul kepada siapapun, termasuk ibu yang baru melahirkan. Namun tidak jarang keinginan tersebut pupus, dengan rasa takut akibat persalinan yang masih menimbulkan traumatis bagi perempuan.

Pada Persalinan Normal, biasanya jaringan vagina yang halus akan menjadi tegang, memar atau bahkan terjadi robek. Luka tersebut tentu membutuhkan waktu beberapa minggu agar sembuh seperti semula. Persalinan juga melibatkan perubahan hormon sangat besar dan tekanan emosi pada wanita. Hal ini menyebabkan, banyak wanita minder setelah melahirkan dan terjadi peningkatan emosional.

Memang, wanita harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah ia bisa melakukan Berhubungan Suami Istri penuh atau tidak, sampai ia melakukan pemeriksaan pasca melahirkan (postnatal check up) ke dokter. Pemeriksaan tersebut biasanya dilakukan sekitar enam minggu setelah Proses Persalinan. Namun memang, kebanyakan dari mereka tetap belum merasa siap untuk melakukan hubungan Suami Istri secara penuh, terutama apabila dirinya memiliki jahitan atau permukaan kelamin yang sakit.

Perubahan drastis pada rahim dan leher rahim selama proses persalinan, akan mempermudah terjadinya infeksi. Dan perlu anda ketahui bahwa Hubungan Suami Istri, dapat menjadi sumber penularan bakteri penyebab infeksi.


Fase Penyembuhan setelah Persalinan

Warna dari lokhia (perdarahan pasca persalinan), bisa menjadi indikasi terjadinya penyembuhan dari lapisan rahim, yang terjadi selama 3-8 minggu. Apabila lokhia tidak lagi berwarna merah terang (sudah berwarna putih kekuningan), maka proses penyembuhan lapisan rahim sudah hampir selesai.

Kondisi tersebut mungkin sudah aman bagi perempuan untuk melakukan Hubungan Suami Istri. Namun. Apabila kondisi vagina yang robek masih dalam proses penyembuhan, maka Jarak Berhubungan Suami Istri harus lebih lama lagi. Dan apabila hal tersebut tetap dilakukan, makan akan mengganggu proses penyembuhan luka, bahkan akan memperparah luka yang ada.

Jarak Ideal Berhubungan Suami Istri setelah persalinan adalah minimal enam minggu. Namun tentu tidak ada salahnya apabila, anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan. Hal ini untuk memastikan apakah vagina dan perineum (daerah antara lubang dubur dan alat kemaluan luar), sudah sembuh dan aman untuk hubungan suami istri.


Ringkasan:
  • Jarak Ideal Berhubungan Suami Istri bagi wanita melahirkan adalah enam minggu setelah proses persalinan,
  • Terlalu cepat mengambil keputusan untuk hubungan suami istri setelah persalinan akan menyebabkan infeksi pada organ reproduksi.

Post a Comment for "Jarak Berhubungan Suami Istri setelah Persalinan"