Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Rasa Lemas Lelah dan kantuk pada Ibu Hamil

Mengatasi Rasa Lemas pada Ibu Hamil
Rasa cepat Lemas, lelah dan mengantuk pada ibu hamil selain disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron, juga diakibatkan kinerja dari berbagai organ vital (Ginjal, Jantung dan Paru-paru) semakin bertambah akibat pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Organ-organ Vital dalam tubuh tersebut tidak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan ibu hamil, namun juga untuk janin. Perut ibu hamil semakin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan dapat memberikan beban tersendiri bagi tubuh ibu hamil. Keluhan lemas dapat juga disebabkan karena tekanan darah rendah dan anemia.

Bagi anda ibu hamil yang sering mengalami rasa lemas, lelah dan kantuk, bisa mengatasinya dengan beberapa langkah sebagai berikut:
  • Tidurlah lebih cepat dan lebih lama pada malam hari,
  • Usahakan untuk memberikan waktu tidur siang, meski hanya dalam waktu 15 menit. Hal tersebut akan membantu mengurangi Rasa Lemas, Lelah, dan mengantuk dan mampu meningkatkan energi,
  • Agar rasa lelah berkurang, penuhi kebutuhan karbohidrat sebagai pemasok energi utama tubuh ibu hamil. Jangan mencoba meningkatkan energi dengan kopi, minuman energi, atau makanan mengandung banyak gula. Bahan makanan dan minuman tersebut akan memberikan efek tubuh lebih lelah setelah habis.
  • Konsumsi madu dan kurma untuk mengatasi keluhan anemia dan tekanan darah rendah.
  • Jangan memaksakan diri untuk terus beraktifitas, jika tubuh terasa lelah atau mengantuk segeralah beristirahat dan tidur.
  • Lakukan olahraga tingan seperti berjalan kaki di pagi hari, agar tubuh merasa lebih bugar dan meningkatkan energi.
Bagi Ibu Hamil yang sering juga mengalami Pusing, bisa membaca artikel kami mengenai Tips Mengatasi Pusing dan Sakit Kepala pada Ibu Hamil.

Ringkasan:
  • Rasa Lelah, Lemas dan Mengantuk pada Ibu hamil dikarenakan peningkatan hormon dan kinerja organ-organ vital dalam tubuh,
  • Tidur lebih cepat dan lama pada malam hari adalah cara sederhana mengatasi Rasa Lemas, Lelah dan Kantuk yang dialami Ibu Hamil,

Post a Comment for "Mengatasi Rasa Lemas Lelah dan kantuk pada Ibu Hamil"