Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Payudara Membesar pada Ibu Hamil

Tips Merawat Payudara Ibu Hamil
Payudara Ibu Hamil yang membesar disebabkan karena perubahan hormonal, yang secara alami mempersiapkan diri untuk memberikan nutrisi ASI bagi bayi yang akan dilahirkan. Selain bertambah besar, payudara juga akan menjadi sakit apabila disentuh, terutama di sekitar puting susu. Jangan khawatir, apabila anda mengalami keluhan ini, karena biasanya akan berkurang setelah trimester pertama.

Payudara Ibu Hamil biasanya juga akan mengalami garis kemerahan dan biru pada payudara. Sebenarnya garis tersebut merupakan bayangan pembuluh darah disebabkan karena aliran darah yang menuju payudara meningkat untuk memudahkan proses menyusui. Pembuluh darah ini akan menghilang dengan sendirinya apabila wanita berhenti menyusui.

Keluhan lain yang juga sering mengganggu adalah puting susu ibu hamil menjadi gelap disertai benjolan kecil. Warna gelap tersebut sangat bermanfaat untuk memudahkan bayi melihat atau mencari puting ketika akan menyusu.

Benjolan kecil tersebut disebabkan karena kelenjar yang menjadi aktif dan berfungsi membantu meminyaki daerah puting susu dan menjaganya tetap bersih dan siap untuk diminum bayi. Ukuran kelenjar ini akan mengecil ketika melahirkan atau setelah tidak menyusui lagi.

Tips Perawatan Payudara Agar Tetap Sehat


Kebersihan dan kesehatan payudara ibu hamil bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Hal ini dilakukan tentu saja agar ASI tetap lancar dan memenuhi kebutuhan Bayi dan tentu agar bayi terhindar dari virus atau kuman yang menempel pada puting. Adapun langkah perawatan payudara ibu hamil, adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan payudara dan puting menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan handuk lembut. Jangan menggunakan sabun, karena dapat membuat kering bahkan iritasi.
  • Pijat payudara dan puting susu dengan menggunakan miyak zaitun, sari kelapa murni atau krim yang diberikan dokter.
  • Saat usia kehamilan 5 bulan, kadang muncul cairan kolustrum berwarna kekuningan dan sebaiknya dibersihkan dengan air hangat.
  • Pakai Bra yang sesuai dengan payudara yang akan terus membesar. Kenaikan ukuran payudara ibu hamil bisa mencapai 36, sehingga tentu Bra anda gunakan pada sebelum hamil tidak akan terpakai.
Ringkasan:
  • Payudara Ibu Hamil akan membesar yang diakibatkan karena adanya perubahan hormon pada ibu hamil,
  • Membersihkan payudara dengan air hangat, efektif menjaga volume  produksi ASI.

Post a Comment for "Perawatan Payudara Membesar pada Ibu Hamil"