Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil


Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil
Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil adalah Keluhan yang paling umum dialami pada trimester ke-tiga, dan menurut para pakar kesehatan, masih tergolong dalam hal yang wajar. Namun tentu bukan persoalan yang mudah apabila kaki anda semakin membesar karena bengkak. Bagi anda yang mempunyai mobilitas tinggi, hal tersebut tentu akan mengganggu, salah satunya sulit untuk menggunakan sepatu, dengan ukuran yang sama dengan saat sebelum hamil.

Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil adalah kecenderungan tubuh menahan cairan. Dan, selama masa hamil, tubuh akan mengunci cairan 30% lebih banyak dibandingkan saat sebelum hamil. Hal ini diperparah dengan kondisi rahim yang semakin bertambah besar dan Berat Badan Ibu Hamil yang Bertambah pesat, akan menekan pembuluh darah balik di bagian kaki, sehingga arus balik darah ke jantung menjadi terganggu. Kondisi tersebut, juga menyebabkan cairan macet dan tertimbun di bagian kaki, dan menyebabkan kaki bengkak.

Cara Mengatasi Kaki Ibu Hamil yang Bengkak

Apabila kondisi kaki yang membesar mengganggu, mobilitas anda sebagai wanita karier, bisa mengatasinya dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Agar Sirkulasi Darah ke kaki lebih lancar, Saat duduk, sebaiknya kaki tetap dalam kondisi lurus.
  2. Hindari berdiri dalam waktu yang lama. Raga pegal menjadi indikasi peredaran darah dan otot kaki mulai terganggu dan lelah.
  3. Saat tidur, sebaiknya posisi kaki lebih tinggi dari jantung, yaitu dengan mengganjalnya dengan bantal. Posisi tidur sebaiknya juga miring ke kiri, dengan tujuan pembuluh darah balik ada di kanan tubuh dan membuat tekanan terhadap tubuh ibu hamil berkurang.
  4. Apabila anda melakukan latihan renang, lakukan gerakan berjalan di dasar kolam. Daya apung air mampu mengangkat bayi sehingga peredaran darah kembali normal.
  5. Lakukan olahraga secara rutin yang fokur ke kaki. Seperti ketika sedang duduk, gerakan pergelangan kaki dengan cara di tekung dan diluruskan. Lakukan gerakan ini selama 30 kali dalam satu hari. Gerakan memutarkan telapak kaki juga akan membantu otot kaki lebih rileks. Lakukan juga olahraga ringan yang lain (seperti senam hamil), agar badan tidak mudah terasa pegal dan lelah.
  6. Hindari pemakaian model sepatu dengan tali, hal ini bisa menekan peredaran darah pada telapak kaki.
  7.  Lakukan pengompresan kaki dengan menggunakan air dingin.
  8. Konsumsi garam secara seimbang, karena terlalu sedikit atau terlalu banyak mengkonsumsi garam akan membuat kaki Ibu Hamil semakain membengkak.

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil tersebut diatas, diharapkan aktivitas harian anda tidak akan terganggu. Kehamilan adalah masa-masa yang harus dilalui dengan perasaan bahagia dan menyenangkan. Menjaga kesehatan Ibu Hamil tidak perlu dilakukan dengan hal yang rumit, sederhana dan tidak menimbulkan rasa lelah adalah aktivitas yang harus dilakukan.

Ringkasan:
  • Kaki Bengkak merupakan salah satu keluhan umum yang dialami beberapa ibu hamil, pada trimester tiga.
  • Penyebab Kaki bengkak pada Ibu Hamil adalah peredaran darah ke kaki terganggu karena kandungan yang membesar,
  • Mengatasi Bengkak pada kaki ibu hamil bisa dilakukan dengan cara sederhana dan dilakukan kapan saja.

Post a Comment for "Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil"