Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita Usia Subur

Organ Reproduksi Wanita Usia Subur
Kesehatan Organ Reproduksi Wanita Usia Subur harus dijaga semaksimal mungkin agar dapat berfungsi dengan baik, untuk mendukung proses kehamilan. Wanita yang termasuk dalam masa subur yang kami maksud adalah, wanita pada usia 20 - 45 tahun dan mengalami siklus menstruasi. Kesempatan hamil, wanita berusia 20-29 adalah sekitar 95%, wanita berumur sekitar 30 memiliki kesempatan hamil 90%. Sedangkan wanita berusia 40 tahun, memiliki kesempatan hamil sebesar 40%. Dan wanita berusia diatas 40 tahun, mempunyai kesempatan hamil hanya 10%.

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita yang masih masuk ke dalam Usia Subur tidak sulit dilakukan. Yang perlu dilakukan adalah dengan membiasakannya sebagai rutinitas harian, yang diantaranya adalah:

Menjaga Kebersihan Alat Kelamin

Bersihkan alat kelamin setelah Buang Air Kecil atau Buang Air Besar dengan air bersih (sebaiknya langsung dari kran). Arah pencucian, tentu dilakukan dari arah depan ke belakang. Setelah itu, pastikan mengeringkan dengan handuk atau tisu bersih. Hindari penggunaan sabun untuk menjaga keseimbangan flora normal alat kelamin.

Menjaga Alat Kelamin Tetap Kering

Kondisi lembab pada area kewanitaan bisa memicu pertumbuhan bakteri jahat dan jamur, dan secara tidak langsung juga akan mempengaruhi keseluruhan kesehatan organ reproduksi wanita usia subur. Area kewanitaan yang lembab karena keringat, juga akan memicu bau tidak sedap. Untuk mengatasi hal tersebut, selalu gunakan celana dalam berbahan katun yang lebih mudah menyerap keringat.

Penggunaan Panty Liner Yang Terlalu Sering

Ketika siklus menstruasi akan berakhir, biasanya wanita lebih memilih menggunakan panty liner. Namun ternyata penggunaan panty liner dalam jangka panjang juga memicu terjadinya permasalahan kesehatan reproduksi (seperti alergi hingga infeksi).

Hindari berbagi-pakai

Untuk menghindari Penularan penyakit hindari kebiasaan berbagi-pakai celana dalam ataupun handuk dengan teman, bahkan anggota keluarga anda yang lain.

Jangan Mencukur Bulu

Bulu di sekitar area kewanitaan apabila terlalu panjang akan menjadi sarang kuman. Namun apabila tidak ada bulu sama sekali, maka tidak akan ada yang melindungi organ kewanitaan dari kotoran. Memotong Bulu kewanitaan memang disarankan, namun cukup dengan gunting dan tidak terlalu bersih. Kebersihan Sistem Reproduksi Wanita paling luar ini, harus selalu terjaga agar tetap dalam keadaan sehat.

Ringkasan:
  • Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita Usia Subur dilakukan dengan tujuan agar terhindar dari kemandulan,
  • Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana dan harus dilakukan secara rutin dan terus menerus.

Post a Comment for "Tips Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita Usia Subur"