Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Bayi Prematur dengan Cara Alami

Metode Inkubator Kanguru
Merawat Bayi Prematur tentu harus dengan pengawasan intensif dan biasanya dilakukan di rumah sakit dengan metode incubator. Adapun yang termasuk bayi premature adalah bayi yang lahir dengan kondisi khusus (lahir belum cukup umur, atau berat badan yang terlalu rendah). Kelahiran bayi premature juga bisa disebabkan karena banyak factor, seperti: pre-eklmapsia, serviks tidak kompeten, pertumbuhan bayi yang terlambat, ketuban bocor / pecah, infeksi atau penyebab lain yang memperburuk keadaan bayi.

Bayi prematur memiliki risiko kematian lebih tinggi, sehingga  memerlukan kebutuhan khusus serta perawatan yang tepat dan secara intensif. Asupan gizi juga perlu diperhatikan dan perlu strategi nutrisi khusus (dengan memastikan asupan gizi ekstra untuk ibu menyusui dan bayi premature tersebut). Perlu anda ketahui, bahwa Bayi prematur membutuhkan asupan protein, mineral, vitamin, AA dan DHA yang essensial yang lebih tinggi. 

Pertumbuhan panjang lingkar kepala dan lainnya, mengecek retina mata, mengecek pendengaran, mengecek USG dan tes biokomia harus dilakukan setiap minggu. Untuk menghindari hiportemia dan hipertemia, suhu badan bayi prematur juga harus dijaga pada angka 36,5 - 37,5 derajat Celsius.


Inkubator Alami pada Bayi Prematur



Perawatan bayi prematur yang ideal, tentu membutuhkan bantuan alat penghangat atau inkubator. Namun apabila alat tersebut tidak tersedia atau masalah keterbatasan dana, maka pilihan inkubator alami bisa dilakukan. Yaitu dengan menggunakan metode Kanguru. Metode ini adalah dengan  melakukan kontak dari kulit ibu ke kulit bayi secara langsung.

Adapun langkah mudah yang bisa dilakukan adalah ibu mandi yang bersih. Mulai kontak ke kulit bayi dengan menggendong bayi dalam keadaan sama-sama tanpa pakaian atau bayi anda hanya mengenakan popok dan topi penutup kepala. Tempelkan Bayi di dada ibu dengan posisi saling berhadapan dada bayi dengan dada ibu. Untuk selanjutnya gunakan kain yang telah didesain khusus untuk perawatan bayi prematur dengan metode kanguru ini. Apabila kain khusus tersebut juga tidak tersedia, maka bisa menggunakan jarik biasa, dengan prinsip kulit ibu bisa seluas mungkin bersentukan dengan kuli bayi. Setelah cukup kuat, ibu bisa mengenakan pakaian luar.

Keuntungan Metode Inkubator Kanguru


Perawatan bayi dengan metode kanguru, semakin banyak digunakan karena memberikan efek kesehatan seperti; mambantu mempercepat kenaikan berat badan bayi yang lahir prematur, mempererat ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi, memperlancar produksi ASI, mengurangi biaya perawatan dan kondisi bayi akan lebih tenang.

Keuntungan lain dari metode ini adalah: tubuh ibu memiliki sensor alami untuk mengatur suhu, apabila bayi mengalami kedinginan atau hypothermia maka secara otomatis tubuh ibu akan menghangat agar bayi tetap terlindungi. Begitu pula sebaliknya, apabila bayi merasa terlalu panas, maka tubuh ibu akan menurunkan suhu tubuhnya.

Syarat Inkubator Kanguru


Inkubator Alami pada Bayi Prematur ini bisa dilakukan dengan syarat:
  • Berat badan bayi kurang atau sama dengan 2.500 gram / 2,5 kg,
  • Bayi Prematur tidak mengalami gangguan sistem pernafasan,  dan komplikasi penyakit berat selama  perawatan,
  • Perkembangan Bayi Prematur cukup stabil selama masa perawatan di inkubator.
  • Bayi Bayi Prematur harus sudah memiliki daya hisap yang baik, sehingga dapat merangsang pengeluaran ASI.
Tips Merawat Bayi Prematur dengan Cara Inkubator Alami adalah disiplin dalam memberikan makanan. Yaitu sebanyak 8-10 kali sehari dengan nutrisi alami yang banyak mengandung protein, mineral, vitamin, serta AA dan DHA. Ibu juga harus fokus memperhatikan frekuensi BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang air kecil) bayi premature yang tidak terlalu sering atau sebaliknya jedanya terlalu lama.

Ringkasan

  • Merawat Bayi Prematur dengan Cara Alami bisa dilakukan dengan metode kanguru sebagai Inkubator Alami ,
  • Metode Kanguru adalah dengan menempelkan kulit bayi ke kulit ibu dan ditopang menggunakan kain.
  • Metode Kanguru sebagai Inkubator Alami memberikan banyak manfaat bayi pertumbuhan bayi lahir prematur.

Post a Comment for "Tips Merawat Bayi Prematur dengan Cara Alami"