Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Penyakit Endometriosis Mengganggu Proses Kehamilan

Gabar Gejala Penyakit Endometriosis
Gangguan Kesehatan Reproduksi yang dapat mengganggu proses kehamilan memang beragam, dan salah satunya adalah Endometriosis. Penyakit ini adalah kelainan yang ada pada lapisan yang memiliki fungsi melingungi rongga kehamilan (endometrium). Apabila kondisi normal adalah endometrium berada pada rongga rahim, namun pada Penyakit Endometriosis, endemetrium tumbuh di luar rahim.

Kelainan Endometriosis sering terjadi pada indung telur, usus, kandung kemih dan dalam kondisi tertentu dapat terjadi pada seluruh daerah panggul. Meski penyakit ini tidak mematikan, namun dapat mengganggu kesuburan wanita dan menyebabkan  rasa sakit yang luar biasa saat menstruasi. Kesuburan wanita terganggu karena saluran telur, indung telur dan organ reproduksi lainnya terganggu, sehingga wanita sulit hamil. Dan apabila bisa hamil, maka resiko kehamilan di luar rahim akan meningkat.

Apabila endometriosis sampai menyebar hingga ke otak dan paru-paru, penderita endometriosis dapat mengalami pengempisan paru-paru dan mengalami kejang saat memasuki siklus menstruasi. Tanda umum yang lain seorang wanita mengalami endometriosis adalah sulit hamil. Hal ini dikarenakan endometriosis dapat merusak struktur organ reproduksi wanita dan mengurangi sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sperma.

Meski jaringan Endometriosis tumbuh secara abnormal, namun penyakit ini bukanlah kanker. Ketidaknormalan endometriosis disebabkan oleh letaknya yang berada di luar rahim. Pada wanita yang tidak sedang hamil, haid akan membuang endometrium. Sedangkan pada wanita hamil, endometrium menjadi sebagai salah satu bahan makananan untuk janin di dalam kandungan.

Gejala Spesifik Penyakit Endometriosis

Adapun gejala-gejala penyakit Endometriosis yang lebih spesifik adalah sebagai berikut:
  • Sebelum mendapatkan siklus menstruasi, di dahului dengan munculnya bercak darah.
  • Saat siklus menstruasi, perut terasa nyeri, diikuti oleh kejang-kejang di bagian otot perut dan darah yang keluar sangat banyak.
  • Saat akan duduk, terasa sakit pada pinggang.
  • Terasa nyeri pada bagian panggul, belakang dan samping panggul.
  • Gejala sakit yang dirasakan penderita endomteriosis mirip dengan rasa sakit penderita maag.
  • Saat BAB, terasa sakit pada daerah anus dan sekitarnya.
  • Biasanya menyebabkan Vagina menebal
  • Terasa sakit saat berhubungan
Pengobatan Penyakit Endometriosis

Apabila penyakit endometriosis muncul akibat gangguan hormonal, maka bisa diobati dengan obat-obatan pengatur produksi hormon. Namun apabila endometrisosis dalam bentuk kista, penyembuhan dapat dilakukan dengan operasi laparoskopi dan selanjutnya dilakukan terapi hormonal.

Beberapa kasus Wanita yang menderita endometriosis dapat hamil tanpa dilakukan operasi terlebih dahulu, dan penyakit tersebut bisa berkurang. Pola hidup sehat, berfikir positif dan melakukan terapi pengobatan, masih memungkinkan wanita penderita endometriosis bisa hamil.

Ringkasan:
  • Penyakit Endometriosis adalah kondisi endometrium yang tumbuh diluar rahim,
  • Endometrium pada ibu hamil berfungsi sebagai makanan untuk janin di dalam kandungan,
  • Gejala Penyakit Endometriosis adalah rasa sakit saat menstruasi dan dengan jumlah darah yang berlebih.

Post a Comment for "Gejala Penyakit Endometriosis Mengganggu Proses Kehamilan"