Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Wanita Sulit Hamil oleh 4 Masalah Fisik

Penyebab Wanita Susah Hamil
Penyebab Sulit Hamil memang bisa diketahui dengan pemeriksaan secara intensif, dan mungkin juga perlu dilakukan pengujian laboratorium. Infertilitas, saat ini memang menjadi masalah umum bagi pasangan suami istri. Dan apabila anda adalah pasangan suami istri yang telah menikah lebih dari satu tahun, dan dalam waktu tersebut selalu bersama, namun belum juga mempunyai momongan, sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan.

Pemeriksaan oleh dokter harus dilakukan oleh Suami istri secara menyeluruh dan dilakukan bersamaan. Suami ditangani oleh seorang androlog atau urolog, sedangkan untuk istri ditangani oleh dokter kandungan dan kebidanan, untuk menjalani program kehamilan.

Dari pemeriksaan, biasanya akan diketahui beberapa masalah fisik yang menjadi Penyebab Sulit Hamil Wanita, diantaranya adalah:

Sumbatan Vagina

Sumbatan Vagina ada dua, yaitu sumbatan anatomik (karena bawaan) dan vaginismus (karena pengerutan liang vagina akibat faktor psikologis). Sumbatan vagina juga bisa disebabkan oleh peradangan yang disebabkan oleh bakteri, sehingga meningkatkan  kadar keasaman pada liang vagina. Hal ini memicu sperma mati sebelum memasuki rahim. Peradangan ini biasanya disebabkan oleh penyakit gonorea, trikomoniasis, sifilis, amubiasis, kandidiasis, atau kista vagina. Gangguan kesuburan wanita ini dapat diatasi dengan pengobatan, atau pembedahan.

Sumbatan Mulut Rahim

Gangguan Kesuburan ini disebabkan karena Gangguan pada leher rahim (Lendir pada mulut rahim yang tidak normal), mulut, dan bentuk mulut rahim. Untuk mengatasi permasalahan lendir, bisa dengan pengobatan, namun apabila berkaitan dengan bentuk mulut rahim yang tidak sempurna, maka perlu dilakukan pembedahan.

Gangguan Pada Rahim

Masalah lain wanita sulit hamil adalah adanya gangguan pada rongga rahim (disebabkan karena sinekia, mioma atau polip, peradangan endometrium, dan gangguan kontraksi uterus), yang menyebabkan terganggunya transportasi sperma menuju rahim.

Masalah Fisik pada rahim yang menyebabkan infertilitas adalah adanya kelainan bentuk rahim yang terjadi sejak wanita lahir berupa kelainan (tidak memiliki rahim, ukuran rahim kecil, mempunyai dua rahim, rahim berbentuk hati, rahim bertanduk dan rahim bersekat.

Kecuali masalah wanita tidak memiliki rahim, semua kelainan di atas dapat diobati. Wanita yang mempunyai rahim kecil dapat melakukan terapi hormonal, Sedangkan untuk bentuk rahim yang normal dapat dilakukan operasi untuk perbaikan.

Masalah Saluran Telur

Kelainan saluran telur (hidrosalping), adalah terjadinya pembesaran atau penebalan pada tuba, yang disebabkan karena infeksi atau adanya endometriosis. Selain hidrosalping, masalah saluran telur penyebab wanita sulit hamil adalah bentuk tuba yang pendek. Hal inidisebabkan karena adanya tekukan pada beberapa tempat atau terjadi perlekatan tuba, yang mengganggu pergerakan fimbriae dan menahan ovarium.

Gangguan Organ Reproduksi Wanita penyebab sulit hamil ini, dapat diatasi dengan operasi untuk memperbaiki dan mengembalikan bentuk anatomi tuba dan indung telur. Sedangkan endometriosis pada saluran telur dapat diatasi dengan pengobatan hormonal, atau apabila tidak berhasil, perlu dilakukan bedah mikro, bedah konvensional, atau laparoskopi. Gangguan indung telur penyebab sulit hamil adalah, adanya tumor atau kista, yang harus diobati terlebih dahulu dengan pengobatan atau pembedahan untuk mengangkat tumor / kista tersebut.

Ringkasan:
  • Penyebab Wanita Sulit Hamil yang paling sering adalah; Sumbatan Vagina, Sumbatan Mulut Rahim, Gangguan Pada Rahim, Masalah Saluran Telur dan Gangguan Indung Telur.
  • Gangguan Organ Reproduksi yang menyebabkan sulit hamil bisa diatasi dengan pengobatan atau operasi.

Post a Comment for "Penyebab Wanita Sulit Hamil oleh 4 Masalah Fisik"