Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Suplemen Vitamin untuk Tubuh Manusia

Bahaya Suplemen Vitamin
Suplemen atau vitamin siap minum saat ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat, dengan tujuan menjaga kesehatannya, bahkan beberapa Multivitamin juga dikonsumsi untuk mempercepat kehamilan. Dalam satu tahun, konsumen bisa menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah untuk membeli vitamin atau suplemen. Bahkan di Inggris, diketahui biaya belanja suplemen mencapai Rp.540 miliar dalam satu tahun tahun.

Namun perlu anda ketahui, ternyata di balik penggunaan vitamin dan suplemen ada bahaya efek samping yang membahayakan tubuh. Beberapa penelitian menghubungkan penggunaan suplemen dengan risiko mengidap kanker dan stroke. Hal ini diperkuat dengan beberapa lembaga pengawas obat dan produk perawatan kesehatan yang juga memperingatkan bahaya akan residu obat, suplemen atau vitamin ilegal.

Glukosamin yang banyak digunakan untuk mengobati sakit sendi atau otot, saat ini terus diteliti karena di khawatirkan menjadi penyebab kematian pada pasien yang mengalami kegagalan liver. Sedangkan, vitamin E yang sering diklaim sebagai antioksidan pencegah kanker, namun berdasarkan hasil penelitian di Amerika justru dapat meningkatkan risiko tumor paru. Tanaman obat bernama ginkgo biloba yang diklaim berkhasiat mengobati kepikunan, diduga berpotensi memicu stroke.

Adapun di bawah ini kami jabarkan beberapa kekurangan dari beberapa multivitamin yang sering dikonsumsi masyarakat:

Supleman Vitamin E

- : Sampai saat ini belum ada bukti signifikan mengenai manfaat suplementasi vitamin E. bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan John Hopkins University AS mengindikasikan bahwa suplemen vitamin E berpotensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 10 % dan peningkatan risiko kanker paru-paru hingga 28 %.

Supleman Vitamin B6

- : Mengkonsumsi makanan berkadar vit B6 tinggi dihubungkan dengan menurunnya risiko penyakit jantung, namun penelitian yang dilakukan di Norwegia menunjukkan meminum vit B6 dan folat justru dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke hingga 20 %. Bahkan konsumsi dengan dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan sistem syaraf.

Supleman Royal Jelly

- : Ada sejarah mengenai masalah yang muncul akibat residu obat-obatan yang dibuat dari royal jelly. Pemberian obat-obatan dengan dosis berlebihan pada lebah sebagai penghasil madu yang mengandung royal Jelly berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia. Zat ini juga diduga berpotensi menimbulkan reaksi mematikan, terutama pada anak-anak.

Supleman Glukosamin

- : Kualitas dan manfaat produk glukosamin bervariasi, dan sampai saat ini glukosamin hanya efektif jika dikombinasikan dengan senyawa condroitin.

Supleman Ginkgo Biloba

- : Penelitian yang dilakukan Prof Ernst menghasilkan bahwa  Ginkgo Biloba dapat meningkatkan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit stroke. Sehingga suplemen ginkgo seharusnya tidak diminum bersama aspirin, warfarin atau obat anti pembekuan darah lainnya. Hindari pula konsumsi Ginkgo Biloba sebelum menjalani operasi.

Untuk memperoleh manfaat maksimal dari vitamin atau suplemen, tentu sebaiknya Anda mengonsumsi  secara bijaksana, dana Akan lebih baik lagi apabila hal tersebut dikonsultasikan terlebih dahulu dokter kepercayaan Anda. Kesalahan kecil dalam mengkonsumsi multivitamin, dapat mengancam kehidupan anda.

Ringkasan:
  • Manfaat dari vitamin yang bersumber dari makanan alami jauh berbeda dengan vitamin yang didapatkan dari suplemen,
  • Untuk menghindari Bahaya Suplemen Vitamin sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter suplemen apa yang tepat untuk anda konsumsi.

Post a Comment for "Bahaya Suplemen Vitamin untuk Tubuh Manusia"