Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masa Subur Wanita setelah Melahirkan

Gambar Masa Subur Wanita setelah Melahirkan
Masa Subur Wanita setelah persalinan baik itu secara normal maupun caesar, menjadi pertanyaan dari banyak pasangan dan mungkin termasuk anda yang menemukan artikel ini. Perlu anda ketahui meski terlihat sangat baik, biasanya setelah Persalinan Alat Kelamin wanita masih mengalami trauma dan sensitif. Wanita yang menyusui juga mungkin mengalami vaginal atrophy (jaringan vagina menipis dan mengering akibat hormon estrogen dalam tubuh wanita berkurang).

Untuk melakukan hubungan suami istri, minimal telah melebihi waktu 4 minggu. Hal ini dikarenakan setelah 6 minggu cairan yang dikeluarkan dari alat kelamin wanita setelah melahirkan sudah berhenti. Namun apakah pada saat tersebut sudah memungkinkan terjadinya kehamilan lagi?

Masa Subur Wanita biasanya akan kembali normal setelah masa nifas yang berlangsung selama 40 hari berakhir (tidak keluar darah lagi dari alat kelamin wanita). Dan pada saat tersebut, sudah memungkinkan untuk terjadinya kehamilan lagi. Jadi bagi anda yang ingin memberikan jarak kelahiran lebih dari 1 tahun, harus sudah menggunakan alat kontrasepsi saat hubungan pertama kali setelah melahirkan.

Tidak semua wanita dan mungkin terjadi lebih sering, wanita setelah melahirkan tidak langsung mendapatkan haid dan mendapatkan siklus menstruasi setelah beberapa bulan. Hal ini normal dan sering terjadi pada beberapa wanita. Meski dengan tidak adanya siklus menstruasi, yang berarti kesuburan wanita belum kembali, namun sangat penting penggunaan alat kontrasepsi untuk mengatur jarak kehamilan.

Wanita biasanya juga akan  mengalami banyak perubahan siklus menstruasi setelah melahirkan. seperti, panjang siklus menstruasi dan aliran dapat berubah apabila dibandingkan dengan  siklus menstruasi sebelum hamil. Perbedaan ini tidak perlu dicemaskan, karena memang perubahan siklus menstruasi setelah persalinan ini dipengaruhi respon tubuh yang dipengaruhi oleh hormon dan faktor menyusui bayi.

Masa Subur Wanita setelah Melahirkan yang ditandai dengan didapatkannya siklus menstruasi (10 minggu setelah persalinan atau bisa 6 bulan – 1 tahun setelah persalinan), diawali dengan gejala PMS seperti munculnya kram perut. Gangguan ini biasanya akan hilang tanpa bantuan obat apapun.

Ringkasan:
  • Masa Subur Wanita setelah Melahirkan akan kembali setelah 6 minggu, 6 bulan, bahkan satu tahun, Masa Subur Wanita setelah Melahirkan,
  • Siklus Menstruasi setelah Melahirkan akan berbeda, dibandingkan saat sebelum pulan.

Post a Comment for "Masa Subur Wanita setelah Melahirkan"