Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Manfaat Senam Hamil

Pengertian dan Manfaat Senam Hamil
Senam Hamil menjadi salah satu usaha untuk menjaga kesehatan ibu hamil, selain tentu harus menkonsumsi makanan sehat, minum suplemen dari bidan dan dokter serta mengatur waktu istirahat yang cukup. Kehamilan sebagai proses yang harus dilalui hampir setiap wanita, yang menginginkan buah hati di tengah keluarga. Dan karena banyak resiko buruk yang mungkin terjadi pada kehamilan, bisa di cegah dengan melakukan senam hamil, pola hidup sehat dan tidak terlalu memaksakan diri untuk beraktifitas fisik berlebihan.

Kehamilan sendiri terjadi karena adanya pembuahan sperma pada ovum yang matang hingga berkembang menjadi janin yang menempel pada dinding rahim wanita. Bagi wanita dengan kehamilan anak pertama tentu akan merasa lebih cemas dan gelisah. Dan melakukan senam hamil juga menjadi cara untuk mengurangi rasa cemas dan gelisah yang dialami oleh ibu hamil.

Pengertian Senam Hamil adalah senam yang merupakan suatu bentuk latihan untuk memperkuat dan juga mempertahankan kelenturan dari dinding perut, otot-otot dasar panggul yang nantinya akan mempermudah proses persalinan normal. Senam Hamil dilakukan dengan tujuan menjaga kondisi bagian tubuh yang berperan dalam proses persalinan sehingga diharapkan ibu hamil dapat melakukan persalinan secara fisiologis (Persalinan Normal).

Selain manfaat utama senam hamil sebagai penunjang proses persalinan, masih banyak manfaat dari senam ibu hamil, yang diantaranya baik untuk kesehatan ibu hamil sebelum proses persalinan dan memberikan dampak positif bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Bagi anda yang ingin berlatih senam hamil, sebaiknya tidak dilakukan saat sendirian, bahkan bagi pemula sangat disarankan di dampingi oleh instruktur senam khusus ibu hamil atau mungkin bisa juga anda mendatangi tempat-tempat latihan senam ibu hamil. Namun, yang paling penting sebelum melakukan senam hamil, adalah konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang menangani kehamilan anda. Apakah kondisi kehamilan anda aman untuk melakukan senam hamil dan tidak memberikan dampak buruk untuk anda dan janin di dalam kandungan.

Ringkasan:
  • Pengertian Senam Hamil adalah bentuk latihan untuk memperkuat dan juga mempertahankan kelenturan dari dinding perut, otot-otot dasar panggul ibu hamil,
  • Manfaat Senam Hamil adalah yang utama adalah menjaga kondisi bagian tubuh yang berperan dalam proses persalinan normal,

Post a Comment for "Pengertian dan Manfaat Senam Hamil"