Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Senam Ibu Hamil Muda Paling Sederhana

Gerakan Senam Ibu Hamil Muda
Senam Ibu Hamil Muda dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama kehamilan. Namun tentu sebelum melakukan senam hamil, harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, agar diketahui apakah kehamilan anda termasuk kedalam kehamilan beresiko atau tidak. Gerakan yang dilakukan juga tidak boleh yang memberatkan dan menguras tenaga.

Adapun beberapa gerakan senam ibu hamil muda yang bisa dilakukan di rumah sendirian atau didampingi tenaga ahli adalah sebagai berikut:
  • Siapkan matras atau kasur yang empuk sebagai alas untuk melakukan gerakan senam ibu hamil muda.
  • Duduk di atas alas dengan posisi kaki bersila. Tegakkan punggung dan letakkan tangan di pada kaki mirip gerakan bermeditasi. Tarik dan keluarkan nafas secara perlahan melalui hidung. Lakukan gerakan ini selama beberapa menit.
  • Masih dalam posisi duduk, luruskan kedua kaki kedepan lalu condongkan tubuh ke belakang dengan tumpuan kedua tangan berada di belakang. Angkat kaki ke atas, lalu turunkan ke bawah. Gerakan juga kaki kearah samping kanan-kiri dengan posisi kaki tetap lurus
  • Gerakan Senam Ibu Hamil Muda selanjutnya adalah dengan posisi seperti merangkak (Posisi kepala, punggung dan pantat dalam keadaan lurus). Setelah itu turunkan kepala hingga anda bisa melihat perut, tahan beberapa waktu dan kembali lagi ke posisi awal. Ulangi gerakan ini beberapa waktu diikuti latihan mengatur nafas.
  • Gerakan ke lima masih dalam posisi merangkak. Selanjutnya turunkan tubuh bagian depan mirip posisi sujud, tahan posisi ini beberapa waktu lalu kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini berulang-ulang dan secara pelan-pelan.
  •  Gerakan terakhir senam hamil dimulai dengan posisi berbaring miring ke salah satu sisi. Letakkan bantal di bawah kepala dan perut, sehingga perut tidak dalam posisi menggantung. Posisi tangan lurus kedepan dan kaki tetap lurus. Setelah itu tekuk kedua kaki dan tangan ke arah perut secara bersamaan. Tahan posisi ini selama beberapa waktu dan kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini beberapa waktu.
Manfaat Gerakan Senam Ibu Hamil Muda

Meski gerakan senam hamil tersebut, terlihat mudah dan tidak mengeluarkan banyak keringat, namun mempunyai mengendurkan otot-otot dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh ibu hamil, tubuh akan lebih rileks dan terasa lebih bugar.

Senam Ibu Hamil muda ini sebaiknya dilakukan setelah usia kehamilan lebih dari empat bulan, dan telah dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan yang menangani kehamilan anda. Karena meski gerakan senam tersebut sangat sederhana, tetap tidak disarankan untuk kehamilan beresiko.

Ringkasan:
  • Senam Ibu Hamil Muda dimulai pada usia kehamilan diatas empat bulan dan untuk ibu dengan kehamilan tidak beresiko,
  • Gerakan Senam Hamil Muda tidak boleh memberatkan dan menguras tenaga wanita,
  • Kesehatan Wanita Hamil Muda bisa dijaga dengan senam sederhana untuk melatih otot dan membuat tubuh lebih rileks.

Post a Comment for "Gerakan Senam Ibu Hamil Muda Paling Sederhana"