Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Alami Mencegah Penyakit Ginjal

Cara Mencegah Penyakit Ginjal
Penyakit Ginjal sampai saat ini masih sering terjadi, karena minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan ginjal. Padahal apabila dijaga dengan baik, maka Ginjal akan tetap sehat dan berfungsi baik hingga tua. Kurangnya kesadaran ini bahkan semakin meningkat dan bisa saja dikemudian hari penyakit ginjal akan lebih sering ditemui.

Selain faktor keturunan, tekanan darah tinggi dan diabetes merupakan faktor penyebab penyakit ginjal. Kunci pertama mencegah penyakit Ginjal, bisa dimulai dengan pengetahuan dasar. Yaitu setiap orang mempunyai dua ginjal, meski sebenarnya hanya membutuhkan satu ginjal setiap hari.

Dan setiap hari, ginjal menyaring dua liter racun, limbah, dan air dari 200 liter darah untuk dikeluarkan dalam bentuk air seni. Kerusakan fungsi ginjal biasanya berlangsung dalam waktu lama sehingga sering terabaikan atau bahkan penderita tidak menyadari apabila dirinya mempunyai penyakit Ginjal.

Bagi orang yang berisiko tinggi menderita penyakit ginjal, sebaiknya melakukan pemeriksaan Tes Urine Untuk Albumin, Tes Darah Untuk Kreatinin dan lakukan hal-hal dibawah ini:
  • Mengatur tekanan dan kadar gula dalam darah sehingga pembuluh darah dalam ginjal tetap normal ginjal harus bekerja lebih keras menyaring racun dalam proses metabolisme massa tubuh
  • Perhatikan skala indeks massa tubuh, agar tetap ideal. Anda tentu tahu apabila badan gemuk, maka ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring racun dalam proses metabolisme massa tubuh yang meningkat.
  • Berhenti merokok, karena merokok bisa memperburuk penyakit dan kondisi ginjal. 
  • Olahraga secara rutin dan hati-hati saat makan juga diketahui dapat mencegah penyakit ginjal pada seseorang. Hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak garam (khususnya garam beryodium).
  • Waspada dalam memilih obat, bisa dilakukan dengan sebisa mungkin menghindari konsumsi obat bebas yang banyak dijual di warung sekitar rumah anda. Obat tersebut khususnya obat yang mengandung ibuprofen dan naproxen.
Ringkasan:
  • Penyakit Ginjal banyak diderita masyarakat karena minimnya kesadaran untuk menjaga kesehatan ginjal,
  • Tekanan dan kadar gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal pada seseorang.

Post a Comment for "Cara Alami Mencegah Penyakit Ginjal"