Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala TBC Pada Anak dan Diagnosis Medis

Gejala TBC Pada Anak
Penyakit Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Bakteri Mycobacterium yang menginfeksi organ pernafasan, terutama paru-paru. Bakteri Penyebab TBC ini tidak hanya menginfeksi organ dan saluran pernafasan saja, namun juga dapat menginfeksi kulit dan selaput otak atau myelin. Bakteri Mycobacterium menyerang manusia tanpa membedakan jenis kelamin atau usia, mulai dari bayi sampai usia lanjut usia masih berisiko terkena penyakit ini.

Adapun Gejala TBC pada anak adalah munculnya sebagai pertanda masa inkubasi dari basil Bakteri Mycobacterium. Demam pada anak sebagai tanda TBC umumnya tidak terlalu tinggi sehingga para orang tua mengira hanya demam influenza biasa. Ciri-Ciri Penyakit TBC pada anak yang lain adalah berkurangnya nafsu makan bahkan pada beberapa kasus anak tidak mau makan sama sekali, sehingga berat badannya menurun secara drastis. Anak yang menderita TBC akhirnya akan mengalami Gangguan gizi yang tentu akan membahayakan kesehatannya.

Sebagai orang tua, anda tentu harus sigap mengenali gejala TBC pada anak. Jangan sampai sekedar mengira anak tidak mempunyai nafsu makan dan tidak mencari tahu penyebabnya. Ciri-Ciri TBC pada yang yang lain adalah tubuh anak lemas, tidak memiliki daya atau kekuatan, selalu kelelahan dan tidak bergairah, lambat di dalam beraktivitas dan terkesan menutup diri.

Gejala-gejala diatas memang lebih identik dengan penyakit biasa, namun Gejala khusus yang lebih mudah dikenali bahwa anak menderita TBC adalah anak mengalami batuk kronis secara berulang. Batuk dengan durasi lama pada anak ini tidak mengeluarkan dahak dan merupakan gejala serangan asma. Anak yang menderita TBC, biasanya juga mengalami diare yang berulang.

Untuk Diagnosa Penyakit TBC yang tepat tentu harus dilakukan tes laboratorium. Namun mengenali gejala TBC pada anak perlu dilakukan agar dapat dilakukan antisipasi dan penanganan secara tepat terhadap Penyakit TBC pada Anak. Pencegahan TBC pada anak, adalah dengan melakukan Imunisasi BCG sebagai pencegah terjadinya infeksi saluran pernapasan yang disebabkan bakteri Mycobacterium, dan tentu menjalankan pola hidup sehat pada anak.

Ringkasan:
  • Gejala Penyakit Tuberculosis (TBC) pada Anak yang khusus adalah batuk kronik dan Diare yang berulang,
  • Diagnosa Penyakit TBC yang tepat adalah dengna melakukan tes Laboratorium di tempat pelayanan kesehatan,
  • Mencegah TBC pada anak bisa dengan melakukan imunisasi BCG agar anak lebih kebal terhadap bakteri Mycobacterium.

Post a Comment for "Gejala TBC Pada Anak dan Diagnosis Medis"