Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Senam Ibu Hamil Usia 9 Bulan

Gerakan Senam Ibu Hamil Usia 9 Bulan
Gerakan Senam Ibu Hamil adalah salah cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan kelancaran proses persalinan buah hati. Senam ini juga akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil maupun janin di dalam kandungan.

Senam Ibu Hamil yang dilakukan teratur dapat  memberikan kekuatan pada otot tungkai. Hal ini sangat berguna karena beban ibu hamil usia 9 bulan akan semakin berat, maka dengan adanya tungkai yang kuat akan membantu menopang Ibu Hamil dan bayi ketika berjalan.

Adapun manfaat senam hamil 9 bulan adalah dapat mencegahi varises di kaki ibu hamil. Varises dapat muncul karena terjadinya pelebaran pembuluh darah khususnya pada kaki, sehingga dapat mengganggu kesehatan anda.

Adapun Gerakan Senam Ibu Hamil Usia 9 Bulan adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan matras atau karpet yang permukaannya lembut gerakan senam ibu hamil dimulai dengan posisi duduk bersila. Tegakkan punggung, dan letakkan tangan diatas paha mirip seperti orang meditasi. Rilekskan tubuh dan pikiran, atur keluar masuk napas dengan teratur dan tidak buru-buru.
  2. Gerakan Senam Hamil Tua yang selanjutnya adalah gerakan mirip seperti merangkak dengan jarak kedua tangan sama dengan jarak pada kedua bahu. Setelah itu atur agar ke-4 bagian tubuh tegak lurus dengan lantai dan badan sejajar dengan lantai. Lakukan gerakan tundukkan kepala hingga mata mampu melihat perut dengan posisi pinggang diangkat. Kempiskan perut serta kerutkan lubang dubur lalu turunkan pinggang. Angkat kepala sambil melemaskan otot dinding perut dan lemaskan otot panggul, lakukan gerakan ini sebanyak 8x.
  3. Gerakan Senam ibu hamil yang ketiga adalah dengan melakukan sikap seperti merangkak dengan posisi leher serta kepala kelantai bertumpu pada punggung dan telapak tangan. Lakukan gerakan seperti di pegang dengan kedua tangan anda serta usahakan releks. Lakukan gerakan sebagai berikut: buka mulut anda secukupnya dan tarik nafas dalam secara maksimal, tutup mulut anda dan lakukan mengejan seperti mau BAB.
Ringkasan:
  • Gerakan Senam Ibu Hamil Usia 9 Bulan apabila dilakukan secara rutin dapat mempercepat persalinan,
  • Gerakan Senam Hamil tua bisa dilakukan dirumah saat waktu santai anda.

Post a Comment for "Gerakan Senam Ibu Hamil Usia 9 Bulan"