Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Gerakan Senam Hamil di Dalam Air

Gerakan Senam Hamil di Dalam Air
Gerakan Senam Hamil ada bermacam-macam dan semua itu tentu bertujuan untuk meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil menjelang persalinan. Senam hamil juga bertujuan untuk mengurangi keluhan sakit punggung dan juga sakit panggul. Salah satu metode senam hamil yang aman dilakukan dan sangat bermanfaat adalah Senam Hamil di Dalam Air.

Senam hamil ini bisa dilakukan di dalam kolam renang yang di design khusus untuk Senam Hamil di Dalam Air. Senam ini juga akan mengurangi beban pada tulang dan sendi sehingga dapat mengurangi risiko cidera pada ibu hamil saat melakukan gerakan senam. Air juga akan memberikan tekanan secara optimal pada otot yang dapat membantu ketahanan otot ibu hamil menjelang persalinan.
Adapun Gerakan Senam Hamil di Dalam Air adalah sebagai berikut:

Gerakan Cross Cauntry Ski

Adalah Gerakan Senam Hamil di Dalam Air  yang bermanfaat untuk memperkuat pundak, lengan, bokong, kaki dan juga betis ibu hamil. Gerakan ini dimulai dengan berdiri dan sedikit membungkuk. Tekuk lutut dan ayunkan kaki kanan ke bagian depan, Sedangkan kaki kiri mendorong ke arah belakang. Setelah itu ayunkan kedua tangan berlawanan dengan arah kaki anda. Inti dari gerakan ini adalah sama seperti anda berjalan di dalam air, secara berlahan-lahan.

Gerakan Floating Frog

Gerakan senam hamil ini sangat bermanfaat untuk memperkuat bokong, pundak, paha dan lengan ibu hamil. Gerakan ini anda membutuhkan alat bantu seperti pool noodle. Pasang pool noodle tersebut di punggung bagian belakang kemudian tarik melalui sela-sela tangan ke bagian depan. Tempelkan kedua kaki, kemudian sandarkan tubuh anda pada pool noodle,  lalu tarik kaki ke dalam permukaan air dengan menghembuskan nafas. Setelah itu luruskan kedua kaki dengan bersamaan dengan menghirup udara.

Gerakan Pendulum Cross

Gerakan Senam Hamil di Dalam Air yang ketiga bertujuan untuk memperkuat lengan, pundak, paha dan juga pantat ibu hamil. Hal ini delakukan dengan melakukan penekanan terhadap paha bagian luar dan dalam. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara berdiri dengan kedua tangan di pinggul lalu dorong perut ke atas dan ke bawah. Ayunkan kaki kanan kesamping kanan dan kiri, sedangkan kedua tangan ke arah yang berbeda dengan kaki. Dan lakukan lompatan-lompatan kecil menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan.

Gerakan-gerakan Senam Hamil tersebut mudah dilakukan dan tentu lebih aman dilakukan karena berada di dalam air. Namun bagi pemula sebaiknya tetap diawasi oleh instruktur atau didampingi oleh suami.

Ringkasan:
  • Senam Hamil di dalam air lebih aman karena beban tubuh berkurang dan mengurangi resiko cidera,
  • Gerakan Senam Hamil di Dalam Air yang bisa dilakukan adalah Floating Frog, Pendulum Cross dan Cross Cauntry Ski.

Post a Comment for "Tips Gerakan Senam Hamil di Dalam Air"