Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Ratu Buah untuk Kesehatan

Khasiat Buah Manggis
Saat ini semakin banyak orang membicarakan buah manggis. Buah ini dihasilkan dari sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari kepulauan Nusantara yang mampu tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buah manggis memang sangat menarik sehingga dalam perdagangan dikenal sebagai “ratu buah”, sebagai pasangan durian si “Raja Buah”.

Pohon Manggis dapat tumbuh di berbagai tempat mulai dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 800 m di atas permukaan laut dengan curah hujan 1500 – 2500 mm per tahun, dengan periode basah selama 6 bulan. Tanaman manggis sangat baik pertumbuhannya pada tanah yang kaya akan bahan organik, serta tanah yang aerasinya cukup baik, jenis tanah agak berat sampai tanah ringan.

Buah yang mempunyai kulit berwarna merah keunguan ketika matang ini sangat istimewa. Memiliki daging berwarna putih dengan tekstur sedikit berserat namun renyah. Rasanya sangat manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air. Kandungan gizi Buah manggis sangat banyak diantaranya vitamin C, vitamin B kompleks, lemak dan protein bahkan kulitnya mengandung xanthones.

Berbagai zat gizi yang terdapat dalam manggis mempunyai banyak manfaaat. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti flu, infeksi hingga dapat mencegah kanker. Vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam metabolism karbohidrat, protein, dan lemak. Xanthone yang terdapat pada kulit manggis dan turunannya telah terbukti memiliki manfaat, termasuk anti-inflamasi dan anti-alergi.

Ringkasan:
  • Karena sangat menarik, di perdagangan buah manggis dikenal sebagai Ratu Buah berpasangan dengan Durian sang Raja Buah.
  • Khasiat Buah Manggis sebagai Ratu Buah untuk kesehatan adalah sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh anti-inflamasi, anti-aknker dan anti-alergi.

Post a Comment for "Khasiat Ratu Buah untuk Kesehatan"