Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Aktifitas Bayi dari 0–12 Bulan

Perkembangan Aktifitas Bayi
Perkembangan Aktifitas Bayi dari bulan ke bulan tentu menjadi daya tarik orang tua, dan menjadi momen yang menakjubkan. Berbagai kejadian penting seperti saat dirinya tersenyum, mulai berteriak atau saat bisa tengkurap menjadi tanda bertambahnya kemampuan bayi sekaligus menjadi catatan penting bagi orang tua dalam jurnal pertumbuhannya. Meski kecepatan perkembangan antara anak yang satu dengan yang lain akan berbeda, namun perilaku menonjol biasanya akan ditemui saat tahun pertama pertumbuhannya:

  • Usia Bayi 0-3 bulan, mulai mempunyai ketajaman visual. bayi akan membalas tatapan Anda ketika Orang tua memeluk dan menatap bayi dengan penuh kasih sayang.
  • Usia Bayi 3-4 bulan, mulai bisa melihat hingga ke seberang ruangan dengan cukup jelas. Pada usia ini bayi akan lebih mudah ditenangkan saat rewel, karena banyak hal-hal yang membuatnya tertarik di sekelilingnya. Pada usia ini biasanya bayi mulai berteriak, tertawa dan belajar tengkurap.
  • Usia Bayi 4-6 bulan, mulai menggunakan tangan dan kaki untuk ‘Bersenang-senang, misal membuat gerakan menendang sambil mengayunkan tangannya.
  • Usia Bayi 6-9 bulan, seharusnya sudah mulai duduk dan merangkak. Saat duduk bayi mengamati dan meraih apapun yang bisa digenggam dengan tangan. Setelah bosan, bayi akan merangkak untuk mengeksplorasi benda lain yang menarik di sekelilingnya.
  • Usia Bayi 9-12 bulan, mengalami perkembangan aktifitas, mulai bisa berdiri dan belajar berjalan. Bayi pada usia ini sudah mula bisa memungut benda yang jatuh dengan ibu jari dan telunjuk. Biasanya mereka bahkan sengaja bermain-main dengan menjatuhkan mainan, memungutnya, lalu menjatuhkan kembali mainan tersebut.

Bayi berusia 6-12 harus mendapatkan perhatian yang ekstra, karena bisa saja aktifitas yang dilakukannya akan membahayakan keselamatan. Jauhkan sumber listrik, sumber api, obat-obatan, barang elektronik dan cairan berbahaya dari jangkauan bayi. Tingkatkan kewaspadaan dan pastikan buah hati anda berada di lingkungan yang aman untuk bermain dan bereksplorasi, sesuai dengan pertumbuhannya.

Ringkasan:
  • Perkembangan Aktifitas Bayi 0-12 bulan yang sesuai dengan usianya menjadi indikasi kesehatan bayi,
  • Bayi akan mulai tengkurap pada usia 3-4 bulan dan belajar berjalan ketika berusia 9-12 bulan,
  • Perkembangan Aktifitas Bayi yang sesuai dengan usianya menjadi tanda bahwa bayi tersebut sehat.

Post a Comment for "Perkembangan Aktifitas Bayi dari 0–12 Bulan"