5 Cara Mudah Mendidik Bayi Agar Lebih Pintar

Tips Mendidik Bayi Agar Lebih Pintar
Bayi adalah berkah Tuhan yang tiada terkira. Adalah kewajiban kita sebagai orang tua untuk mempersiapkan bayi kita supaya ia tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berbakti. Berikut adalah 5 tips mudah yang Ayah/Bunda bisa lakukan supaya bayi tumbuh menjadi lebih pintar.
   
1. Bacakan cerita setiap hari

Jadwalkan waktu khusus setiap hari untuk membacakan cerita teladan atau kisah hikmah untuk bayi anda. Tidak perlu lama-lama. Cukup 10 menit hingga 20 menit saja. Yang penting rutin dan dilakukan setiap hari. Pada masa awal perkembangan bayi, otak bayi menyerap apa saja yang ada disekitarnya. Dengan rutin membacakan cerita kepada bayi anda, otaknya akan dirangsang untuk membiasakan terhadap bahasa buku. Bahasa buku berbeda dengan bahasa percakapan sehari-hari. Hal ini akan mempersiapkan bayi untuk menjadi pembaca buku yang baik di kemudian hari.

2. Gunakan bahasa normal ketika berbicara dengan bayi

Gunakan bahasa normal yang anda gunakan sehari-hari ketika berbicara dengan bayi anda. Jangan gunakan gaya bicara yang di cadel-cadelkan. Mengobrolah dengan bayi anda menggunakan bahasa yang baik dan benar, layaknya anda berbicara dengan seseorang yang telah dewasa. Dengan berbicara menggunakan bahasa yang baik dan benar, anda mempersiapkan bayi anda untuk lebih awal mengerti kosakata bahasa yang baik dan benar pula. Semakin banyak kosakata yang anda gunakan, maka akan semakin baik dan merangsang bayi cepat bicara.

3. Biasakan mengobrol dengan bayi anda tentang apa saja

Bayi ingin mengetahui tentang apa saja. Semakin sering anda mengobrol dengan bayi anda, semakin cepat ia menyerap. Dan bukan kosakata bahasa saja yang ia serap, tetapi juga emosi, logika, dan lain lain. Ketika mengobrol dengan bayi anda, ceritakan tentang apa saja. Selain untuk mengembangkan kecerdasan, mengobrol dengan bayi juga akan menjalin hubungan istimewa antara anak dan orang tua.

4. Ajarkan bayi untuk menggunakan kelima indranya

Manusia belajar melalui kelima indranya. Bayi juga tidak berbeda. Ia juga belajar melalui indra peraba, pendengaran, penglihatan, penciuman dan perasa. Ajarkan keindahan suara musik, pemandangan alam, enaknya rasa buah tertentu, dll. Biarkan bayi anda untuk menyentuh berbagai macam benda untuk membedakan dan merasakan berbagai sensasi yang ada disekitarnya. Hal ini akan melatih kelima indranya untuk mulai sadar dengan sekelilingnya.

5. Bermain-main dengan bayi anda

Anda bisa mengajarkan banyak hal kepada bayi anda melalui bermain-main. Misal belajar berenang, menyusun balok, bermain musik, dll. Atau misal dengan sesuatu yang mudah, dengan bernyanyi, cilukba, mengitik-ngitik geli, dll. Semua hal tersebut bisa dilakukan sambil bermain-main. Permainan-permainan tersebut mudah dilakukan, menyenangkan dan bisa dipahami oleh bayi. selain itu, bermain-main akan memperkuat bonding anda dengan buah hati anda.

Biasakan kelima hal ini dengan bayi anda setiap hari untuk mempersiapkan bayi anda yang lebih pintar.

Artikel ini dipersembahkan oleh Adora Baby Shop – Toko Perlengkapan Bayi Online Murah. Adora Baby Shop berpengalaman sejak tahun 2009, dan telah diliput berbagai media nasional. Dapatkan DVD GRATIS tentang berbagai hal yang berkaitan dengan dunia bayi dan parenting dengan berbelanja di Adora Baby Shop. Kunjungi sekarang juga http://www.adorababyshop.co

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger