Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anatomi Organ Reproduksi Sembilan Wanita dan Fungsinya

Anatomi Organ Reproduksi Wanita
Organ reproduksi Wanita adalah beberapa bagian tubuh wanita yang berfungsi dalam proses mendapatkan keturunan. Dan dengan memahami anatomi dan fungsinya diharapkan seseorang akan lebih sadar menjaga kesehatan organ reproduksinya. Adapun penjelasan masing-masing Anatomi Organ Reproduksi Wanita dan fungsinya adalah sebagai berikut:
  1. Ovarium (indung telur), adalah organ yang berada di kiri dan kanan rahim dengan fungsi memproduksi sel telur (ovum) secara bergantian selama satu bulan sekali. 
  2. Tuba Fallopii (saluran telur), adalah saluran berfungsi sebagai jalur ovum dari indung telur menuju rahim. 
  3. Uterus (rahim), adalah organ reproduksi yang sebagai tempat janin dibesarkan. Bentuk Rahim mirip seperti buah alpukat gepeng sebesar telur ayam, dengan berat normal 30-50 gram.
  4. Cervix (leher rahim), adalah bagian yang berada di bawah rahim. Pada saat persalinan, maka leher rahim akan membuka (pembukaan 1-10) hingga bayi dapat dilahirkan.
  5. Vagina, adalah saluran berbentuk silinder yang sangat elastis dan berlipat-lipat. Organ reproduksi ini berfungsi sebagai tempat penis pada saat berhubungan suami istri, tempat keluar bayi dan darah haid.
  6. Selaput dara (hymen), merupakan selaput  tipis (tidak mengandung pembuluh darah ) yang terletak pada 1/3 luar vagina. Penyebab selaput dara robek adalah masuknya benda padat ke dalam vagina, terjatuh, atau akibat dari olah raga berat seperti berkuda atau bersepeda.
  7. Mulut vagina, adalah rongga penghubung rahim dengan bagian luar tubuh.
  8. Bibir vagina, adalah organ reproduksi yang terdiri dari labia mayora (bagian yang terluar dari mulut vagina yang ditumbuhi oleh bulu ) dan labia minora (terletak dibelakang labia mayora yang banyak mengandUng pembuluh darah dan syaraf)
  9. Tulang kemaluan, adalah tulang yang terletak didepan kantung kencing,
Dengan memahami anatomi dan fungsi dari organ reproduksi wanita tersebut diatas, diharapkan kesadaran untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita lebih tinggi dan anda lebih hati-hati dalam merawat organ reproduksi terutama menghindari menjaga kebersihan, seks bebas, perilaku seksual tidak sehat dan suka berganti-ganti pasangan.

Ringkasan:
  • Anatomi organ reproduksi wanita terbagi menjadi sembilan dan mempunyai fungsi yang berbeda namun saling mendukung,
  • Bentuk Rahim tempat pertumbuhan janin mirip buah alpukat gepeng sebesar telur ayam, dengan berat sekitar 30-50 gram,
  • Selaput dara bisa robek tidak hanya karena aktifitas seksual, namun bisa karena olahraga atau terjatuh,

Post a Comment for "Anatomi Organ Reproduksi Sembilan Wanita dan Fungsinya"