Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sederhana Hindari Sakit Punggung

Penyebab Sakit Punggung
Sakit Punggung bisa disebabkan karena kegiatan sehari-hari dengan posisi yang salah atau rutinitas yang dilakukan terus menerus. Selain memicu terjadinya sakit di area belakang tubuh, Sakit Punggung juga bisa mengganggu postur tubuh. Penyebab Sakit punggung yang umum adalah; kasur tidak nyaman, membawa beban berat, menggunakan sepatu hak tinggi atau rata, menahan amarah, duduk seharian, stres, kurang olahraga,sering makan makanan cepat saji dan kehamilan.

Sakit Punggung juga menjadi gangguan yang paling sering dialami kaum urban, khususnya bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu duduk di depan meja terutama bagi pekerja kantoran. sebenarnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari Sakit Punggung dengan cara sederhana dan mudah dilakukan.

Menghindari Sakit Punggung bisa dimulai dengan tidak merokok, menjaga berat badan ideal dengan nutrisi yang baik dan olahraga. Postur tubuh yang baik, kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas dapat membantu tulang belakang lebih kuat. Elemen-elemen tersebut dapat mendukung punggung lebih baik, menjaga kekuatan tulang dan tubuh, dan membantu penyembuhan apabila saat ini anda mengalami Sakit Punggung.

Untuk menjaga postur tubuh yang baik, saat duduk posisi bahu sebaiknya ditarik ke belakang, hindari duduk dengan posisi membungkuk, dan tidak duduk selama lebih dari 30 menit tanpa diselingi berdiri dan berjalan-jalan sejenak. Anda juga dapat melakukan duduk dengan posisi lutut sedikit lebih tinggi dibandingkan pinggul.

Mencegah Sakit Punggung juga bisa dilakukan ketika tidur, yaitu dengan menjaga posisi lengkungan tulang punggung dengan menggunakan bantal. Otot tubuh bagian tengah (otot perut, otot punggung, dan otot pelvis), merupakan penyokong utama dari tubuh manusia. Agar ketiga otot tersebut tetap kuat, lakukan latihan crunch. Latihan juga disarankan seimbang antara otot atas dan bawah punggung, guna fleksibilitas tetap terjaga.

Apabila saat ini anda terbiasa tidak aktif, mulailah dengan berjalan karena aktivitas sederhana ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan punggung. Saat mengangkat benda berat, sebaiknya anda menekuk dulu lutut dan jaga punggung tetap lurus. Jangan membalikkan punggung saat mengangkat berang berat, dan pastikan pinggul serta bahu menghadap ke arah yang sama, untuk menghindari cidera.

Ringkasan:
  • Penyebab Sakit Punggung adalah aktivitas harian yang tidak tepat, rokok, stress, kurang olahraga dan sering konsumsi makanan cepat saji,
  • Tidak merokok, menjaga berat badan dan olahraga yang cukup dapat menghindarkan seseorang dari sakit punggung,
  • Saat tidur anda juga bisa mengganjal punggung dengan bantal, agar lengkungan tulang punggung tetap terjaga.

Post a Comment for "Cara Sederhana Hindari Sakit Punggung"