Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesalahan Posisi Duduk yang Sejak Dahulu Diajarkan

Memperbaiki Kesalahan Posisi Duduk
Kesalahan Posisi Duduk yang dari dahulu sering diajarkan, baik oleh orang tua atau di bangku pendidikan adalah, posisi duduk tegak. Berdasarkan penelitian terbaru, pisisi duduk ini, akan memberikan tekanan yang tidak perlu di beberapa titik tubuh. Hal ini diketahui menjadi penyebab perubahan bentuk tulang punggung (deformities).

Perlu anda ketahui bahwa sebanyak 32 % dari populasi manusia menghabiskan waktu duduk 10 jam dalam satu hari. 50 % dari mereka bahkan tidak meninggalkan kursinya saat makan siang, dan sebanyak 2/3 dari mereka juga kembali duduk setelah sampai rumah.


Penelitian Posisi Duduk


Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli dari Skotlandia dan Kanada, menyatakan bahwa posisi duduk terbaik adalah bersandar 1350. Penelitian tersebut, menggunakan modifikasi magnetic resonance imaging (MRI) di Woodend Hospital Aberdeen, yang melibatkan 22 responden yang mempunyai tulang punggung sehat.

Peserta penelitian kemudian menjalani pemindaian dengan mesin positional MRI. Alat ini  memungkinkan Peserta bebas bergerak, baik posisi duduk atau berdiri. Setelah mereka mencoba 3 posisi duduk. Posisi Duduk pertama adalah membungkuk, dengan posisi tubuh bersandar di meja / seperti ketika mengendalikan console game. Posisi Duduk yang kedua adalah tegak 900, sedangkan posisi terakhir bersandar 1350, dengan kaki berada di lantai.


Para Peneliti kemudian mengukur seberapa besar tulang belakang membengkok, ketinggian dan pergeseran ruas tulang dari ketiga posisi duduk di atas. Dan diketahui bahwa pergeseran ruas tulang terjadi ketika ada beban yang ditempatkan pada tulang belakang, sehingga menyebabkan ruas tulang keluar dari susunan normalnya.

Posisi duduk membungkuk, menyebabkan pengurangan beban pada ruas tulang punggung atas, Namun tidak baik untuk dua ruas tulang punggung terbawah. Pergeseran ruas tulang ditemukan paling banyak pada posisi duduk 900, dan pergeseran paling sedikit pada posisi duduk 1350. Dari hasil tersebut, mengindikasikan beban yang ditempatkan pada ruas tulang lebih sedikit dengan posisi duduk bersandar 1350. Posisi ini juga membantu otot dan tendon lebih rileks.

Hasil penelitian tersebut didukung oleh Levent Caglar dari BackCare, namun dengan tambahan posisi membuka sudut antara paha dan punggung saat duduk. Posisi Duduk tersebut akan memperbaiki tulang belakang menjadi bentuk alami S sempurna saat berdiri. Namun memang Posisi 1350 bisa saja menyebabkan seseorang jatuh saat duduk. Karena itu sebaiknya duduk cukup dengan bersandar 1200.

Untuk tetap menjaga kesehatan tulang punggung, sebaiknya jangan duduk terlalu lama, dan disertai dengan berjalan-jalan dalam beberapa waktu. Perbanyak konsumsi air putih, agar punggung tidak terasa pegal dan sakit. Banyak mengkonsumsi air putih, akan menyebabkan seseorang sering kencing. Hal tersebut bisa menjadi alasan seseorang untuk meninggalkan kursi kerjanya untuk berjalan ke kamar kecil. Tips Kesehatan yang sering dilupakan oleh banyak orang ini bisa anda praktekan setiap hariny.


Ringkasan:
  • Posisi Duduk Terbaik adalah bersandar 1200 dan membuka sudut antara paha dan punggung,
  • Banyak minum air putih saat bekerja, menyebabkan seing kencing dan menjadi alasan untuk meninggalkan kursi kerja.

Post a Comment for "Kesalahan Posisi Duduk yang Sejak Dahulu Diajarkan"