Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Siklus Menstruasi Pada Wanita Usia Subur

Siklus Menstruasi Pada Wanita Usia Subur
Siklus Mentruasi (haid), adalah perubahan fisiologis yang dialami oleh kebanyakan wanita yang disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab mesntruasi adalah hormon LH-Progesteron dan FSH-Estrogen mengalami pendarahan pada endometrium yang biasanya secara rutin pada setiap bulan. Siklus Menstruasi pada wanita biasanya akan dimulai saat masa pubertas, yaitu pada usia 9-17 tahun. Dan apabila seorang wanita tidak lagi mendapatkan menstruasi pada usia 25-52 tahun masa tersebut disebut monopause (wanita tidak lagi mendapatkan siklus menstruasi).

Ketika seorang wanita mengalami haid, maka akan terjadi peluruhan pada dinding rahim, yang bisa terjadi rutin dalam setiap bulan atau tidak rutin. Hal ini menjadi indikasi siklus menstruasi wanita normal ataukan tidak. Salah satu faktor yang mempengaruhi siklus mestruasi tidak teraturadalah ketidakseimbangan hormon, yang disebabkan oleh obat-obatan, stres, gaya hidup tidak sehat, perimenopause, tiroid, sakit, dan sindrom polikistik ovarium.

Sebagai contoh apabila seorang wanita mengalami stres, maka Kelenjar adrenal akan mengeluarkan kortisol. Kondisi tersebut akan mempengaruhi hormon estrogen, progestrogen, dan menurunkan gonadotropin relasing hormone (GnRH) sehingga akan memperlambat terjadinya menstruasi (ovulasi).

Menstruasi yang tidak teratur juga dapat dipicu karena penyakit pada saluran reproduksi, seperti kista, polip, fibroid, infeksi pada saluran reproduksi, kelainan genetik, endometriosis, dan terjadinya sindrom polikistik ovarium.

Siklus menstruasi (Keluarnya darah Haid) yang normal adalah selama 4 hari, 6 hari, hingga 8 hari. Adapun darah yang keluar dari proses menstruasi adalah beberapa fragmen kelupasan endroterium yang berkumpul dengan darah yang tidak dapat diketahui jumlahnya. Darah yang keluar ini bisa cair dan juga bisa beku (mirip seperti lendir tapi lebih kental). Beberapa penelitian menemukan darah haid pada wanita yang nomal dalam satu periode menstruasi adalah sekitar 25 hingga 60 ml.

Bagi anda yang ingin mendapatkan Siklus Menstruasi Teratur, maka sebaiknya anda mengkonsumsi makanan sehat serta, menghindari stres dan menjaga pola hidup sehat. Apabila anda memiliki Siklus menstruasi yang normal dan teratur, maka proses kehamilan juga akan cepat terjadi.

Ringkasan:
  • Siklus menstruasi biasanya akan dimulai pada usia 9-17 tahun dan masa monopause pada usia 25-52 tahun.
  • Darah Haid yang keluar dalam satu bulan adalah  sekitar 25 hingga 60 ml.
  • Menjaga Siklus menstruasi Teratur adalah dengan melakukan pola hidup sehat, menghindari stres dan olahraga cukup.

Post a Comment for "Mengenal Siklus Menstruasi Pada Wanita Usia Subur"