Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tes Kesehatan Melalui Ciri Fisik Urin

Ciri Fisik Urin Tidak Sehat
Tes Kesehatan banyak yang berfikir hanya dokter atau petugas laboratorium saja yang dapat melakukan. Namun sebenarnya anda sebagai orang awam pun bisa mengetahui kondisi kesehatan anda, yaitu dengan memperhatikan ciri fisik urin atau air seni anda. Sebagai organ utama yang berfungsi untuk menyaring dan membuang cairan berlebih dan produk sisa dari darah, urin yang dikeluarkan melalui ginjal, bisa mengandung informasi berharga mengenai kondisi kesehatan.

Adapun lima jenis gangguan kesehatan yang bisa diketahui melalui urin adalah sebagai berikut.

Dehidrasi

Apabila urine berwarna kuning gelap, bisa menjadi tanda bahwa anda mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan ketika tubuh kekurangan cairan, maka ginjal akan menyimpan cairan dalam tubuh sehingga produksi urine sedikit. Dehidrasi yang terus menerus akan memicu terjadinya batu ginjal. Tanda apabila anda telah mencukupkan cairan dalam tubuh adalah, warna urine Anda kuning bening, atau bahkan bening seperti air tawar

Perubahan warna urin bisa karena pengaruh makanan atau obat. Namun apabila pola makan anda biasa saja, atau bahkan sama sekali tidak mengkonsumsi obat-obatan, namun warna urin anda tetap kuning gelap bahkan berbau, maka sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter untuk dilakukan tes kesehatan lanjutan.

Kerusakan Ginjal

Adanya kandungan protein pada urine menjadi tanda awal terjadi penyakit ginjal, terutama pada penderita diabetes. Protein pada urine ini akan menghasilkan buih berlebih pada urine yang tak mudah hilang. Maka apabila air kencing anda memiliki cirri tersebut, dan anda termasuk dalam orang yang beresiko tinggi menderita kerusakan ginjal (berusia di atas 60 tahun, menderita diabetes, hipertensi, atau ada keluarga yang mempunyai riwayat sakit gagal ginjal) lakukan pemeriksaan kadar protein secara teratur.

Gejala Diabetes

Ketika kadar gula darah tinggi di peredaran darah dan tubuh tidak bisa memproses secara efektif, maka organ ginjal akan bekerja keras untuk menghilangkan gula tersebut. Dan apabila urine anda berbau "manis", bisa menjadi indikasi anda menderita pradiabetes atau diabetes. Untuk memastikannya anda bisa melakukan pengujian di laboratorium, sehingga penyakit anda tidak berkembang ke penyakit ginjal.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih lebih sering diderita oleh wanita, yang disebabkan adanya bakteri masuk ke saluran kemih melalui uretra dan berkembang biak. Kebiasaan menahan pipis, kehamilan, hubungan seksual tidak sehat, hingga virulensi bakteri menjadi penyebab terjadinya infeksi ini. Gejala Infeksi Saluran Kemih adalah rasa panas ketika kencing, sering merasa ingin pipis, dan ada campuran darah dalam urine.

Ringkasan:
  • Tes Kesehatan Melalui Ciri Fisik Urin adalah adanya gangguan kesehatan Dehidrasi, Kerusakan Ginjal, Diabetes, dan Infeksi saluran Kemih,
  • Mencukupkan air minum setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan agar tetap maksimal.

Post a Comment for "Tes Kesehatan Melalui Ciri Fisik Urin"