Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membersihkan Telinga Bayi dengan Tepat

Tips Membersihkan Telinga Bayi
Membersihkan Telinga Bayi tidak kalah penting dengan Memotong Kuku Bayi. Dan hal ini juga sering membuat ngeri dan takut bagi sebagian orang tua untuk melakukannya. Bukan masalah jijik atau bagaimana, namun kebanyakan dari mereka takut apabila saat membersihkan telinga, dapat menyakiti buah hatinya.

Namun dengan dengan keberanian, kemantapan hati dan setelah membaca artikel ini, membersihkan telinga bayi tidak akan serumit yang Anda pikirkan. Hal yang terpenting, adalah anda tetap tenang meski buah hati anda selalu menggerak-gerakkan kepala.  Anda juga tidak perlu memasukkan bola kapas atau kapas bertangkai ke dalam lubang telinganya. Karena membersihkan Telinga bayi cukup pada bagian luar dan daun telinga bayi saja.

Adapun langkah Membersihkan Telinga bayi yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Lakukan pembersihan telinga bayi bersamaan saat memandikannya.
  2. Basahi waslap dengan air hangat yang digunakan untuk mandi dan tambahkan sabun bayi sedikit ke dalam waslap tersebut. Angkat kepala bayi, lalu usap daun telinga dan bagian belakang telinga. Setelah itu bilas sisa sabun sampai bersih.
  3. Basahi kapas bulat atau kapas bertangkai dengan air hangat, lalu bersihkan bagian luar hingga (pintu lubang telinga), termasuk lekukan pada daun telinga bayi.
  4. Setelah bersih, keringkan telinga dengan menggunakan handuk kecil lembut.
Anda tidak perlu mengkhawatirkan apabila ada cairan lilin yang keluar dari lubang telinga bayi. Karena hal ini sebenarnya normal, karena cairan tersebut berguna sebagai penghalang masuknya kotoran ke dalam lubang telinga bayi. Anda perlu membersihkannya apabila bairan tersebut mengeras dan menutupi lubang telinga buah hati anda.

Ringkasan:
  • Membersihkan telinga bayi cukup pada bagian luar saja tidak perlu sampai dalam lubang telinga,
  • Cairan mirip lilin yang keluar dari telinga bayi berfungsi untuk mencegah kotoran masuk ke lubang telinga bayi.
  • Membersihkan Telinga Bayi bisa dilakukan bersamaan saat mandi agar bayi anda tidak banyak bergerak,

Post a Comment for "Tips Membersihkan Telinga Bayi dengan Tepat"