Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memotong Kuku Bayi Yang Tepat

Tips Memotong Kuku Bayi
Memotong kuku bayi yang terlihat kelihatan mungil, tipis dan lembut tentu membuat banyak orang atau bahkan ibunya enggan atau ngeri untuk melakukannya. Hal ini tentu dengan alasan karena takut melukai jari buah hati. Memang kuku adalah lebih tahan serangan kuman. Namun apabila dalam keadaan lembab, jamur dan kuman akan bersarang di sela kuku.

Hal tersebut tentu akan sangat berbahaya, karena bayi tentu akan sering memasukan jarinya ke mulut, maka kuman dan jamur bisa mengganggu kesehatan bayi. Air liur yang ada dalam kuku juga akan mempercepat pertumbuhan kuman dan jamur, sehingga selain rajin memotong kuku, anda sebaiknya menjaga jari bayi tetap kering dan melarang bayi memasukan jarinya ke dalam mulut.

Anda harus lebih sering memperhatikan panjang kuku bayi, pkarena jauh lebih cepat dibandingkan kuku orang dewasa hal ini sejalan pertumbuhan bayi yang juga cepat. Dan apabila terlihat cukup panjang, segera potong, karena selain sebagai sarang kuman dan jamur, kuku bayi yang telihat tipis dan lemas dapat menggores wajah atau bahkan mata buah hati anda.

Lakukan pemotongan kuku bayi setelah mandi, agar lebih lunak dan mudah dipotong. Namun apabila buah hati anda termasuk bayi yang tidak bisa diam, lakukan pemotongan kuku saat dia tidur di siang hari.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memotong kuku bayi, adalah sebagai berikut:
  1. Gunakan pemotong kuku atau gunting yang dirancang khusus untuk bayi, 
  2. Sebelum digunakan, sebaiknya alat ini dibersihkan menggunakan alkohol 70%;
  3. Pegang salah satu telapak tangan bayi dengan salah satu tangan Anda lalu lebarkan jarak antar jari-jarinya,
  4. Gunting kuku secara perlahan, dan setelah itu bersihkan kotoran yang ada di balik kuku dengan kapas yang telah dibasahi dengan air hangat agar kuman hilang.
Memotong sebaiknya juga jangan terlalu sering, karena dapat memicu terjadinya kerusakan kulit di sekitar kuku. Meski sudah sangat hati-hati, namun masih saja menyebabkan luka ada kulit bayi, anda tidak perlu panik. Segera bersihkan darah dengan kapas dan beri obat antiseptic, setelah itu anda bisa memakaikan sarung tangan.

Satu hal lagi yang perlu anda ingat dan perhatikan, Jangan memotong kuku bayi dengan gigi Anda. Karena kuman yang ada dalam mulut Anda bisa berpindah ke kulit bayi dan bisa saja anda memotong kuku bayi terlalu dalam.

Ringkasan:
  • Kuku bayi yang terlalu panjang akan menjadi sarang kuman dan jamur serta dapat melukai wajah atau bahkan mata bayi,
  • Memotong Kuku Bayi sebaiknya dilakukan setelah mandi agar kuku masih lunak atau saat tertidur,
  • Menggunting Kuku Bayi tidak boleh terlalu sering, karena dapat melukai kulit disekitar kuku.

Post a Comment for "Tips Memotong Kuku Bayi Yang Tepat"