Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Unik Saat Siklus Menstruasi Wanita

Siklus Menstruasi Wanita
Siklus Menstruasi Wanita yang biasanya terjadi rutin setiap bulan ternyata menimbulkan berbagai fakta dan mitos yang menarik perhatian. Fakta yang sudah umum diketahui oleh banyak orang adalah, sebelum dan saat siklus menstruasi, wanita akan lebih sulit mengendalikan emosi. Namun selain itu ternyata ada beberapa fakta unik yang dialami oleh wanita saat haid, yang diantaranya adalah:
  • Saat Menstruasi lebih bodoh, hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh para psikolog University of Bath yang menemukan bahwa rasa nyeri, kram perut, mood swing, mengurangi fungsi kognitif dan konsentrasi wanita saat mengerjakan tugasnya. 
  • Aroma tubuh wanita jadi lebih manis saat masa subur wanita, atau sekitar satu minggu sebelum hari pertama Haid. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ilmuwan Saul Miller dan Jon Maner dari Florida State University. Apabila anda ingin membuktikan, bisa dengan menyuruh pria untuk mencium kaos yang telah digunakan oleh wanita saat seminggu sebelum haid. Maka dari penelitian tersebut pada pria mengatakan kaos tersebut memiliki aroma yang lebih manis.
  • Wanita yang sedang menstruasi lebih hobi berbelanja, karena mereka mengikuti suasana hati saat sedang menstruasi. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan penelitian dari University of Herdfordshire. Dengan berbelanja para wanita dapat mengalihkan perhatian dari kondisi tubuh yang kurang nyaman saat haid. 
  • Menstruasi memengaruhi suara wanita, karena produksi dan nada suara berkaitan dengan biologis seorang wanita. Sel-sel dari laring dan vagina sangat mirip dan keduanya menunjukkan kesamaan reseptor (penerima) hormon yang mempengaruhi suara.
  • Tinggi rendah pendidikan mempengaruhi siklus menstruasi, karena menyebabkan rahim wanita jadi atrofi (menyusut). Seorang wanita yang lebih banyak belajar dan berpikir akan membuat darah ditubuhnya dialihkan dari rahim menuju otak. Hal ini bertujuan untuk merangsang otak agar tetap aktif menerima pelajaran. Namun memang pernyataan ini belum diperkuat berdasarkan penelitian.
Ringkasan:
  • Saat wanita haid akan mengalami beberapa perubahan kondisi fisik dan mental,
  • Rasa nyeri, kram perut dan mood swing dapat mengurangi fungsi kognitif dan konsentrasi wanita,

Post a Comment for "Fakta Unik Saat Siklus Menstruasi Wanita"