Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima Aktivitas Menyenangkan untuk Ibu Hamil

Aktivitas Menyenangkan untuk Ibu Hamil
Meski seharusnya Kehamilan itu sendiri merupakan hal yang paling membahagiakan untuk seorang calon ibu, namun kadang ada rasa bosan yang dirasakan ibu hamil, karena terbatasnya aktifitas yang mungkin terlalu berat untuk dilakukan. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya ada beberapa aktivitas Menyenangkan untuk Ibu Hamil, namun tentu dilakukan dengan beberapa batasan agar tidak membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Adapun kelima aktivitas yang dimaksud adalah:
  1. Aromaterapi bisa dilakukan oleh ibu hamil, karena bermanfaat mampu meringankan keluhan saat hamil, seperti lelah, pegal, mual, stres, emosi tidak stabil, nyeri punggung, bahkan dapat memperlancar proses persalinan. Yang perlu dihindari adalah hindari aktivitas aromaterapi dibawah usia kehamilan 4 bulan dan penggunaan jenis aromaterapi harus tepat karena dapat memicu kontraksi atau keguguran. Anda bisa menggunakan jasa aromaterapi yang memang mempunyai ahli untuk ibu hamil, sehingga pemberian dosis san jenis aromaterapi aman untuk ibu hamil.
  2. Olahraga untuk ibu hamil bermanfaat untuk kebugaran tubuh dan refresing otak atau pikiran ibu hamil agar tidak tertekan. Anda bisa memilih jenis olahraga yang tepat, seperti; jalan santai, bersepeda, aerobik ringan  di trismester kedua, Yoga khusus ibu hamil, berenang dan senam hamil, 
  3. Berbelanja kebutuhan sehari-hari atau perlengkapan bayi, ternyata juga menjadi aktivitas yang dapat menyegarkan otak, menghilangkan penat, meredakan stres, juga menjaga kebugaran Ibu Hamil. Namun aktivitas ini sebaiknya tidak dilakukan apabila kondisi badan tidak fit atau lelah, karena dapat memicu perdarahan hingga keguguran. Sebaiknya anda juga memilih tempat berbelanja yang mempunyai eskalator/lift, berbelanja tidak terlalu berat, dan gunakan pakaian yang nyaman, 
  4. Wisata Kuliner memberikan manfaat untuk menghilangkan rasa jenuh dan rileks. namun yang perlu anda perhatikan adalah hindari menu makanan yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil seperti; mengandung bahan pengawet, pewarna, perasa (MSG), dan pengenyal. Sebaiknya anda juga memilih tempat makan yang nyaman dan menyegarkan.
  5. Berhubungan Suami Istri saat hamil (Tidak dinyatakan sebagai Kehamilan Beresiko) diketahui dapat mengharmoniskan hubungan suami istri dan menyehatkan fisik dan mental. Berhubungan badan tetap bisa dilakukan rutin seperti sebelum hamil, dengan batasan: memperhatikan posisi hubungan suami istri yang tidak memberikan tekanan perut istri dan dengan gerakan yang pelan-pelan, lembut, dan tidak mengentak.
Ringkasan:
  • Rasa tegang dan bosan saat hamil bisa diatasi dengan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan,
  • Aktivitas Menyenangkan untuk Ibu Hamil adalah Aromaterapi, Olahraga, Berbelanja, Wisata Kuliner, dan Berhubungan Suami Istri.
  • Saat Melakukan Aktivitas menyenangkan untuk ibu hamil harus tetap memperhatikan kondisi ibu dan janin.

Post a Comment for "Lima Aktivitas Menyenangkan untuk Ibu Hamil"