Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Persiapan Kehamilan dan Persalinan

Persiapan Kehamilan dan Persalinan
Persiapan Kehamilan dan Persalinan dimulai ketika seorang ibu dinyatakan positif hamil, baik itu di minggu-minggu pertama atau minggu-minggu selanjutnya. Adapun persiapan calon orang tua, menyambut buah hati dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu ketika buah hati dalam kandungan, menjelang kelahiran dan ketika bayi telah dilahirkan. Persiapan yang harus dilakukan juga meliputi, mental, material dan lingkungan di sekitar tempat tinggal.

Persiapan mental menyambut buah hati dalam saat di dalam kandungan, bisa dilakukan dengan merasa  senang, penuh rasa syukur , berfikir positif, mendapatkan Kasih sayang dari suami dan anggota keluarga lain, Rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Maha Pencipta dan memperbanyak informasi mengenai kehamilan (baik dari buku, internet dan pengalaman orang-orang disekitar anda).

Persiapan fisik saat janin masih di dalam kandungan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, dengan lebih memperbanyak porsi makan dengan jenis makanan yang bervariasi. Anda juga harus rutin memeriksakan kehamilan ke dokter, agar kondisi kesehatan anda dan janin bisa terpantau. Ibu hamil juga harus mencukupkan istirahat, senam hamil dan merawat payudara ibu hamil dengan cara yang tepat.

Persiapan lingkungan saat hamil tentu harus dengan dukungan suami dan keluarga terhadap emosional. Lingkungan rumah yang bersih dan sehat akan sangat berpengaruh terhadap psikologis ibu hamil.

Persiapan Mental Ibu Hamil menjelang persalinan yang pertama tentu adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan dan memohon agar diberi kemudahan saat persalinan. Anda harus memahami, bahwa proses persalinan merupakan kejadian yang menakjubkan dan harus diperjuangkan, agar menumbuhkan rasa semangat yang tinggi. anda juga harus mengetahui tanda-tanda akan melahirkan, dan kapan saat yang tepat untuk berangkat ke bidan, pukesmas atau rumah sakit untuk persalinan.

Persiapan material menjelang persalinan adalah biaya yang harus dikeluarkan selama proses persalinan. Anda sebaiknya juga telah mempersiapkan keperluan buah hati, mulai dari pakaian yang telah dicuci, perlengkapan mandi, alas tidur bayi dan perlengkapan lainnya. Persiapan lingkungan menjelang persalinan adalah menyediakan kamar yang bersih, cukup cahaya, dan sinar matahari bisa masuk saat pagi hari.

Saat buah hati telah lahir persiapan mental yang bisa dilakukan adalah ibu hamil harus mulai belajar merawat bayi mulai dari memandikan, merawat tali pusat, cara menyusui, pijat bayi dan gejala bayi mengalami gangguan kesehatan. Persiapan Fisik /material saat setelah persalinan adalah menjaga kesehatan fisik dan psikologis agar produksi ASI Lancar.

Ringkasan:
  • Persiapan Kehamilan dan Persalinan meliputi, material, mental,dan lingkungan di sekitar tempat tinggal,
  • Kesehatan fisik dan psikologis sangat penting untuk Persiapan Kehamilan dan Persalinan.

Post a Comment for "Tips Persiapan Kehamilan dan Persalinan"