Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Telat Haid Hingga Berbulan-Bulan

Penyebab Telat Haid
Telat Haid atau Siklus Menstruasi Terlambat bisa terjadi beberapa hari, minggu bahkan beberapa bulan. Hal ini tentu kondisi yang tidak wajar, karena Siklus Menstruasi yang teratur atau normal terjadi setiap satu bulan sekali. Bagi pelaku seksual aktif yang ingin menunda kehamilan atau sedang program KB, telat haid bisa menyebabkan kepanikan. Terutama bagi mereka yang sebelumnya mempunyai siklus menstruasi teratur.

Apabila seorang wanita seksual aktif mengalami Telat Haid, maka yang harus pertama kali dilakukan adalah memastikan atau atau tidaknya kehamilan. Karena tidak semua seorang wanita yang mengalami siklus menstruasi terlambat pasti hamil. Latar belakang pendidikan yang rendah dan minimnya informasi yang didapatkan oleh masyarakat menyebabkan penilaian ini. Namun, untuk memastikan hal tersebut, tentu saja bisa dilakukan dengan melakukan pengujian dengan tespack atau USG ke dokter kandungan.

Siklus menstruasi normal dapat dilihat dari 3 hal (interval, lama dan volume). Dan diluar dari 3 hal tersebut bisa disebut sebagai perdarahan rahim abnormal (abnormal uterine bleeding) atau gangguan haid. Telat Datang Bulan tidak hanya disebabkan karena kehamilan, namun juga bisa disebabkan oleh faktor lain, bisa karena faktor fisiologis, dan faktor patologis.

Adapun interval haid tidak teratur dibedakan menjadi Oligomenorrhea (jarang haid), apabila interval haid lebih dari 35 hari, Polimenorhhea (sering haid) apabila interval haid kurang dari 21 hari dan Amenorrhea apabila seorang wanita tidak mendapatkan siklus menstruasi selama lebih dari 3 bulan.

Penyebab Siklus menstruasi terlambat bisa dikarenakan faktor fisiologis terjadinya kasus amenorrhea atau tidak haid selama tiga bulan. Kasus ini biasanya terjadi pada wanita menjelang pubertas, menopause, ibu hamil, dan ibu menyusui. Sedangkan Telat Haid yang bersifat patologis disebabkan karena stres, gizi buruk, riwayat operasi pengangkatan ovarium (kandung telur), operasi pengangkatan rahim, obesitas atau adanya tumor pada organ reproduksi wanita.

Ringkasan:
  • Siklus menstruasi normal dapat diketahui dati interval, lama dan volume darah haid yang keluar,
  • Penyebab Telat Haid Hingga Berbulan-Bulan biasanya adalah faktor fisiologis dan faktor patologis,
  • Menstruasi tidak teratur dibedakan menjadi Oligomenorrhea, Polimenorhhea dan Amenorrhea.

Post a Comment for "Penyebab Telat Haid Hingga Berbulan-Bulan"