Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Siklus Menstruasi Tetap Teratur

Siklus  Menstruasi sangat kompleks karena melibatkan berbagai unsur dan organ dalam tubuh wanita. Organ dan unsur tersebut diantaranya adalah panca indera, korteks serebri, hipotalamus, aksis hipofisis-obarium) dan organ tujuan (uterus, endometrium, serta organ seksual sekunder).

Menstruasi biasanya dimulai saat masa pubertas di usia (10-15 tahun), dan menstruasi pertama (menarche) sering dianggap sebagai peristiwa utama dalam sejarah kehidupan remaja wanita. Fase ini sangat dipengaruhi oleh Faktor psikologis, bahkan banyaknya informasi (video dan Gambar) mengenai seksualitas dapat mengakibatkan menarche terjadi lebih dini yaitu ketika usia wanita kurag dari 10 tahun.

Menarche juga menjadi tanda bahwa seorang wanita telah memasuki Usia Subur dan Memungkinkan untuk terjadi Kehamilan. Ciri darah menstruasi itu sendiri, sebagai berikut; Berwarna hitam kemerahan, encer karean proses fibrinolisism, berlangsung sekitar 3-5 atau 7-14 hari dan kadang disertai rasa nyeri.

Tips Menjaga Siklus Menstruasi Tetap Teratur

Ada sedikit tips agar kelangsungan siklus menstruasi tetap teratur dan sampai tuntas atau bersih, adalah sebagai berikut:
  1. Buat catatan pada kalender setiap menstruasi (awal menstruasi dan akhir menstruasi), sebagai panduan untuk mengetahui siklus menstruasi dibulan selanjutnya.
  2. Menjaga kebersihan selama siklus menstruasi, karena dinding rahim dan vagina saat haid lebih mudah terkena infeksi atau virus.
  3. Apabila Pinggang terasa sakit seperti nyeri dan pegal – pegal, hal ini disebabkan karena otot rahim tertarik. Dan untuk menguragi rasa sakit tersebut, anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit haid dengan dosis yang tepat atau minum ramuan tradisional (jamu)
  4. Pilih pembalut yang lembut, aman, tidak mengandung gel, nyaman dan gunakan celana dalam berbahan katun sehingga tidak menimbulkan iritasi,
  5. Mengganti pembalut dan celana dalam paling lama 4 jam sekali, baik ketika mandi atau buang air besar terutama saat awal haid karena darah haid yang keluar tentu lebih banyak.
  6. Membersihkan alat vital saat mengganti pembalut atau buang air besar dengan air bersih, lebih baik lagi dengan menggunakan air hangat dan sabun dengan PH yang lembut dan ringan agar tidak memicu terjadinya alergi, infeksi dan jamur pada alat vital.
Dengan memperhatikan siklus menstruasi dengan baik dan benar, diharapkan menstruasi teratur dan tidak mudah terinfeksi penyakit virus atau penyakit organ reproduksi yang lain, anda juga akan lebih mudah Menghitung Masa Subur anda untuk lebih mudah mendapatkan kehamilan. Kondisi emosional wanita biasanya juga akan mengganggu siklus menstruasi, sehingga anda harus mampu Mengelola Stres dan menghindari terlalu banyak pikiran.

Ringkasan:
  • Siklus  Menstruasi melibatkan Unsur panca indera dan organ reproduksi wanita,
  • Faktor psikologis dari dampak informasi global memicu menstruasi pertama terjadi lebih awal,
  • Menjaga Siklus Menstruasi tetap teratur bisa dengan menjaga agar organ reproduksi tetap sehat dan Mengelola Stres.

Post a Comment for "Tips Menjaga Siklus Menstruasi Tetap Teratur"