Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siklus Menstruasi Teratur dengan Lima Makanan Sehat

Siklus Menstruasi Teratur
Siklus Menstruasi Teratur atau Siklus Haid Teratur menjadi kunci penting keberhasilan Progam Kehamilan. Hal ini dikarenakan apabila seorang wanita mempunyai siklus menstruasi yang teratur, maka perhitungan puncak masa subur akan lebih mudah. Dan apabila berhubungan suami istri dilakukan pada masa ini, maka kemungkinan untuk terjadinya kehamilan akan lebih tinggi.

Pernyataan tersebut diatas, mengartikan apabila seorang wanita mempunyai siklus menstruasi tidak teratur maka kemungkinan wanita sulit hamil akan lebih tinggi. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi beberapa makanan sehat yang mampu menjaga siklus haid anda tetap teratur, yang diantarnya adalah:
  1. Asam lemak omega-3, yang terdapat pada ikan laut atau minyak ikan berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, melawan efek penuaan, dan meningkatkan suasana hati 
  2. Hindari makanan berwarna putih, seperti tepung putih, gula, kentang putih, roti putih, dan nasi putih. Hal ini dikarenakan beragam makanan tersebut dapat menyebabkan lonjakan insulin yang menyebabkan penyimpanan lemak dalam tubuh. Tubuh dengan lemak yang berlebihan dapat mempengaruhi ovulasi dan siklus haid anda menjadi tidak teratur.
  3. Protein nabati yang terdapat pada almond, kacang, keju, telur rebus, sarden kaleng, dan edamame dan jenis makanan lainnya dapat menjaga keseimbangan hormonal pada wanita. Dan perlu anda ketahui, semakin seimbang sistem hormonal anda, maka siklus menstruasi anda akan semakin teratur. 
  4. Vitamin D dapat meningkatkan keseimbangan antara sel-sel dan menstabilkan hormon. Vitamin D juga dapat melindungi diri dari kanker payudara, usus besar, ovarium, dan kanker prostat. Agar siklus menstruasi anda tetap teratur, silahkan konsumsi makanan mengandung Vitamin D, seperti tuna, salmon, kuning telur, dan sarden. Dan agar Vitamin D dapat diserap oleh tubuh secara maksimal, pastikan Anda cukup terkena sinar matahari, terutama pada pagi hari sebelum jam 9.
  5. Cokelat adalah makanan mengandung flavonoids yang memiliki fungsi seperti estrogen untuk membantu meningkatkan sirkulasi dengan mengurangi penggumpalan trombosit dalam darah. Hal ini akan mempengaruhi siklus menstruasi anda lebih lancar.
Agar Siklus Menstruasi Teratur, selain mengkonsumsi kelima makanan tersebut diatas, anda harus menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat termasuk mencukupkan istirahat dan hindari stres. Sebaiknya anda juga menghindari rokok, obesitas, dan kolesterol tinggi sehingga dapat pembuluh darah ovarium.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi atau Siklus Haid Teratur berhubungan dengan mudahnya kemungkinan seorang wanita untuk hamil,
  • Makanan yang dapat Menjaga Menstruasi tetap teratur adalah Asam lemak omega-3, Protein nabati, Vitamin D dan Cokelat,
  • Konsumsi makanan pelancar haid tersebut juga harus diimbangi dengan pola makan dan pola hidup sehat.

Post a Comment for "Siklus Menstruasi Teratur dengan Lima Makanan Sehat"