Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Diet Sehat Ibu Menyusui

Tips Diet Sehat Ibu Menyusui
Menurunkan berat badan ibu menyusui dengan mengurangi jumlah kalori makanan memang sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi jumlah dan kualitas ASI. Agar kuantitas dan kualitas ASI tetap terjamin, ibu menyusui harus menambah sekitar 300 kkal asupan setiap harinya. Yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayur, buah-buahan dan tentu makanan bergizi lainnya.

Adapun bagi anda yang ingin menurunkan berat badan saat menyusui, bisa melakukan beberapa tips sebagai berikut:

  • Tetaplah menyusui buah hati sampai usia 2 tahun, hal ini dikarenakan tubuh ibu yang menyusui akan memproduksi hormon yang dapat menurunkan berat badan dan mengembalikan bentuk tubuh seperti saat sebelum hamil secara alami. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dengan menyusui, tubuh akan membakar sekitar 300-500 kkal/hari atau setara dengan bersepeda selama 1 jam.
  • Memperbanyak konsumsi sayur, buah, lemak skim, karbohidrat kompleks, dan sumber protein rendah lemak, dan mencukupkan cairan. Contoh susu skim atau susu low fat, daging ayam tanpa kulit, telur, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan agar produksi ASI tetap lancar.
  • Hindari makanan cepat saji (junk food), makan dalam porsi kecil namun sering (biasanya diberikan dalam 6 kali pemberian, dengan 3 kali makan utama berupa sarapan, makan siang, makan malam dan 3 kali snack). Saat tegang atau stres alihkan dengan bermain atau berjalan-jalan bersama buah hati.
  • Olahraga Ibu Menyusui sebaiknya dilakukan setelah selesai menyusui, dan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara, gunakan pakaian yang khusus didesain untuk ibu menyusui.
  • Mulailah Olahraga dengan gerakan ringan seperti berjalan, bersepeda, atau berenang. Semua aktivitas tersebut bisa dilakukan senyaman mungkin, dan apabila sudah terbiasa maka intensitas dan lama berolahraga bisa ditingkatkan secara bertahap. Sebagai contoh anda bisa latihan untuk memperkuat dinding perut. Namun apabila muncul rasa nyeri, sesak, maka segera hentikan aktivitas atau latihan, dan konsultasikan dengan dokter atau bidan anda.
  • Agar tidak jenuh saat berolahraga, anda bisa melakukan kegiatan ini bersama dengan teman lain atau dalam kelab olahraga. Dan jangan lupa selalu mencukupkan konsumsi cairan agar tidak terjadi dehidrasi saat berolahraga.

Ringkasan:
  • Menurunkan Berat Badan saat menyusui bisa dengan cara-cara alami disertai dengan olahraga yang rutin,
  • Tips Diet Sehat Ibu Menyusui adalah dengan tetap menyusui sampai usia 2 tahun, perbanyak konsumsi sayur, hindari makanan cepat saji dan olahraga.

Post a Comment for "Tips Diet Sehat Ibu Menyusui"