Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Pelancar ASI pada Ibu Menyusui

Tips Memperlancar ASI Ibu Menyusui
Makanan Pelancar ASI (Air Susu Ibu), tentu sangat dibutuhkan Ibu Menyusui yang mengalami Produksi ASI berkurang atau bahkan ASI tidak keluar sama sekali. Perlu kami ingatkan kembali, bahwa ASI sangat bayi sampai usianya 6 bulan. Namun memang saat ini masih banyak kendala bagi ibu menyusui yang ingin memberikan ASI-nya secara eksklusif, seperti masalah waktu untuk wanita yang bekerja. Dan permasalahan yang paling sering terjadi adalah karena produksi ASI yang berkurang, sehingga dengan terpaksa harus menambahkan susu formula untuk bayi.

Pemberian susu formula sebenarnya tidak baik, karena akan mengurangi sistem imun atau gangguan pencernaan bayi di masa mendatang. Bagi ibu menyusui yang bekerja, sebaiknya telah mempunyai cadangan ASI yang siap di berikan ke buah hati saat ditinggal bekerja. Dan saat di kantor, sebaiknya ASI juga di perah, agar produksinya tetap maksimal. Hasil perahan di kantor bisa dimasukan di botol ASI dan diletakan di Freezer Kulkas kantor.

Sedangkan bagi ibu yang produksi ASI-nya tidak lancar, bisa mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan, yang diantaranya adalah:
  • Wortel banyak mengandung fitoestrogen, beta karoten dan vitamin A yang sangat penting bagi ibu menyusui. Ketiga zat tersebut berpengaruh terhadap produksi ASI dan menjaga energi ibu menyusui.
  • Bayam banyak fitoestrogen yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan merangsang ASI agar produksinya maksimal.
  • Pepaya mengandung enzim dan fitokimia yang akan meningkatkan jaringan payudara dan laktasi sehingga ASI ibu lebih lancar.
  • Oatmeal Ikan salmon matang mengandung atmeal yang dapat membantu tubuh wanita setelah melahirkan menjadi lebih rileks. Perasaan rileks tersebut akan membantu tubuh melepaskan hormaon oxytocin, yang berpengaruh terhadap produksi ASI. Sedangkan Ikan Salmon sendiri banyak mengandung asam lemak, yang berfungsi memberikan dorongan untuk pasokan ASI, dan kualitas susu menjadi lebih baik untuk bayi
  • Beras merah Karbohidat banyak mengandung vitamin yang dapat memicu sekresi prolaktin untuk Pelancar ASI.
  • Buah Aprikot mengandung banyak vitamin, serat, dan kalsium yang dapat membantu produksi ASI Ibu Menyusui.
  • Asparagus memiliki kandungan Zat yang dapat mempertahankan pasokan ASI sehingga produksinya tetap lancer dan mampu memenuhi kebutuhan bayi, tanpa harus menambahkan Susu Formula.
Beberapa jenis Makanan Pelancar ASI diatas bisa anda konsumsi secara bergantian agar tidak mudah bosan. Memperlancar ASI memang bisa menggunakan obat, namun cara alami untuk mengatasi berkurangnya atau berhentinya ASI Ibu Menyusui tersebut tentu lebih sehat dan tidak menyebabkan efek samping di masa mendatang baik untuk ibu maupun untuk bayi.

Ringkasan:
  • Permasalahan Ibu Menyusui yang sering dialami adalah berkurangnya produksi ASI atau bahkan ASI berhenti sama sekali.
  • Beberapa Makanan yang dapat Pelancar ASI adalah; Wortel, Pepaya, Bayam, Beras Merah, Ikan Salmon, Buah Aprikot dan Asparagus.

Post a Comment for "Makanan Pelancar ASI pada Ibu Menyusui"