Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menciptakan Lingkungan Rumah Sehat

Lingkungan Rumah Sehat
Lingkungan Rumah Sehat Bebas Penyakit tentu menjadi kebutuhan setiap keluarga, karena pada dasarnya sebuah rumah tidak hanya sebagai tempat berteduh, dan berlindung dari cuaca. Apabila lingkungan rumah tidak sehat, maka tentu memicu berbagai penyakit yang mengancam kesehatan anggota keluarga seperti diare, ISPA, TBC, demam berdarah, malaria cacingan, dan penyakit berbahaya lainnya.

Agar lingkungan rumah tidak menjadi media penularan dan penyebaran berbagai penyakit, maka diperlukan partisipasi semua anggota keluarga dan masyarakat untuk mejaga lingkungan tetap sehat dan bersih, dengan memperhatikan factor-faktor sebagai berikut:
  1. Lokasi rumah sebaiknya jauh dari lokasi rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.
  2. Kualitas sumber air yang ada memenuhi persyaratan kesehatan. Sepeti jarak sumur dengan sumber air kotor (septic tank, sumur resapan, saluran air kotor yang tidak kedap air, tempat penampungan sampah) adalah minimal 7 meter. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar sumur tidak tercemar dan kualitas air sumur tetap terjaga.
  3. Genangan air di lingkungan rumah jangan sampai ada lebih dari satu minggu. Hal ini tentu untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk.
  4. Taman di sekitar rumah, bertujuan untuk menciptakan suasana alami yang sejuk dan teduh. Tanaman yang berwarna warni akan menambah keceriaan dan kehangatan di lingkungan rumah. Namun tentu yang harus diperhatikan adalah tidak membiarkan tanaman sampai terlalu rimbun agar tidak menghalangi senar matahari masuk ke dalam rumah terutama pada pagi hari
  5. Pengelolaan sampah rumah tangga sebaiknya dikelola dengan system 5 R, Refuse (tolak barang yang tidak dibutuhkan seperti brosur dll), Reduce (Menyumbangkan barang tidak terpakai), Reuse (hindari penggunaan barang sekali pakai, seperti tissue diganti serbet dan berbelanja menggunakan kantong tas), Recycle (Mendaur Ulang Sampah) dan Rot (Membuat Kompos dari sampah basah)
  6. Menempatkan hewan ternak, tidak boleh terlalu dekat dengan rumah, dan selalu jaga kebersihan kandangnya
  7. Kolam air yang berisikan ikan baik itu di taman, atau dalam rumah berupa kolam akuarium dapat memberikan ketenangan pada diri anda dan anggota keluarga yang lain.
Ringkasan:
  • Lingkungan Rumah Sehat  akan memberikan kenyamanan dan jaminan kesehatan untuk anggota keluarga,
  • Menciptakan Lingkungan Rumah Sehat bisa dilakukan dengan memilih lokasi yang tepat, menjaga kebersihan dan menciptakan lahan hijau,
  • Pengelolaan sampah rumah tangga bisa dengan Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot.

Post a Comment for "Tips Menciptakan Lingkungan Rumah Sehat"