Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur

Mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur
Ibu Hamil Susah Tidur menjadi permasalahan yang umum terjadi, bahkan mungkin semua ibu hamil mengalami masalah ini terutama pada usia kehamilan trimester ketiga. Penyebab Ibu Hamil Susah Tidur adalah karena keberadaan perut semakin besar, gerakan janin di dalam rahim atau rasa tidak nyaman di daerah ulu hati.

Banyak ibu hamil yang mengalami masalah sulit tidur berfikir, bagaimana dengan janin di dalam kandungan? Namun anda tidak perlu khawatir, karena berdasarkan para pakar meski istirahat banyak untuk ibu hamil sangat berguna, ibu hamil yang kurang tidur tidak akan terlalu membahayakan janin di dalam kandungan.

Adapun Tips Mengatasi Sulit Tidur pada ibu hamil adalah sebagai berikut:
  • Posisi tidur yang nyaman dan terbaik untuk ibu hamil adalah posisi miring ke sisi kiri meningkatkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta.
  • Mandi dengan air hangat dilanjutkan dengan membersihkan menggunakan sabun yang wangi dan akan membantu lebih siap untuk tidur.
  • Hindari makan terlalu banyak di malam hari, karena aktivitas ini dapat mempengaruhi waktu tidur anda karena rasa tidak nyaman pada bagian ulu hati dan perut. Apabila anda merasa lapar, bisa mengkonsumsi cemilan dan susu hangat.
  • Melakukan olahraga (yoga, jalan kaki, Senam Hamil atau pilates) rutin setiap hari, selama 30 menit, akan menjadikan anda rileks dan mempermudah anda tidur saat malam hari.
  • Mendengarkan musik juga bisa menjadi alternative agar ibu hamil lebih tenang dan rileks, sehingga anda akan lebih nyaman untuk tidur.
  • Hubungan suami istri saat hamil, juga bisa menjadi alternatif anda ibu hamil yang sulit tidur. Setelah melakukan aktivitas ini akan menjadikan anda lebih tileks dan santai.
  • Latihan menarik nafas dalam secara teratur akan mengurangi ketegangan otot dan mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan posisi duduk, berdiri atau berbaring. Anda bisa memulai dengan menarik napas melalui hidung secara perlahan, tahan nafas selama 1-2 detik lalu keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan. Lakukan gerakan ini hingga beberapa kali hingga anda menjadi rileks.
Susah Tidur menjadi hal hampir semua ibu hamil mengalaminya, sehingga anda harus lebih bersabar dan menjadikan hal tersebut sebagai pengalaman indah Kehamilan dan harus dinikmati. Agar kondisi badan anda tetap Fit, segera beristirahatlah apabila ada kesempatan untuk beristirahat.

Ringkasan:
  • Penyebab Ibu Hamil Susah Tidur adalah perut yang semakin besar, gerakan janin atau rasa tidak nyaman di daerah ulu hati dan perut,
  • Ibu Hamil Susah Tidur akan dialami oleh hampir seluruh wanita sehingga harus dihadapi dengan bersabar,
  • Mandi air hangat, tidak makan banyak saat malam hari, hubungan suami istri menjadi solusi Ibu Hamil yang sulit tidur,

Post a Comment for "Tips Mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur"