Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Sebelum Program Kehamilan

Mempersiapkan Kehamilan Idaman
Program Kehamilan (Promil) memang identik dengan pasangan yang sulit hamil, baik itu disebabkan oleh pria maupun wanita. Namun perlu anda ketahui, sebelum melakukan Promil baik itu untuk pasangan yang sulit hamil atau yang memang kondisi normal (terutama pasangan baru menikah), sebaiknya anda dan pasangan melakukan Persiapan kehamilan. Persiapan kehamilan dilakukan untuk mendukung mendapatkan kehamilan yang sehat sehingga menghasilkan keturunan yang berkualitas.

Adapun beberapa faktor yang perlu dipersiapkan oleh wanita yang berencana untuk hamil adalah;
  • Pemeriksaan Penyakit dan Virus (herpes, sitomeglovirus, varicella zoster, rubella) untuk menghindari terjadinya kecacatan pada janin yang dikandung nantinya.
  • Pemeriksaan virus hepatitis dan virus HIV, agar janin yang dikandung tidak tertular.
  • Pemeriksaan penyakit toksoplasmosis, sehingga terhindar dari kecacatan janin dan keguguran.
  • Pemeriksaan penyakit seksual menular, yang memicu kematian ibu hamil atau janin.
  • Pemeriksaan Darah saat Promil untuk mengurangi resiko perbedaan golongan darah dan rhesus antara darah ibu dan janin, karena kondisi ini dapat mengancam janin dalam kandungan.
  • Pemeriksaan faktor genetika bertujuan untuk mengetahui adanya kemungkinan penyakit dan cacat bawaan yang mungkin akan dialami janin akibat  genetis dari salah satu atau kedua orangtuanya. Terutama apabila suami isteri masih terkait hubungan persaudaraan.
Selain empat pemeriksaan tersebut diatas, sebaiknya juga dilakukan pemeriksaan terhadap penyakit yang sedang diderita seperti asthma, diabetes mellitus dan jantung, agar tidak berbahaya apabila tidak dilakukan perawatan dan pengobatan teratur. Dan untuk menghindari kondisi yang membahayakan, dokter anda akan memantau dan menentukan saat paling tepat untuk hamil.

Selain masalah persiapan kesehatan fisik ibu hamil, Persiapan Keuangan perlu dilakukan. Biaya kehamilan bisa di diskusikan antara suami dan isteri, karena hal ini menjadi bagian dari biaya kehidupan berumah tangga. Sehingga didapatkan keturunan yang maksimal. Adapun keperluan yang membutuhkan yang masuk dalam Persiapan Keuangan adalah konsultasi dokter dan obat-obatan saat Promil dan saat setelah hamil, biaya persalinan, biaya pasca melahirkan

Persiapan sebelum promil tersebut juga sebaiknya mendapat dukungan suami kepada isteri sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada isteri, sehingga mentalnya lebih kuat untuk menghadapi proses kehamilan. Anda sebagai suami juga bisa membantu isteri dalam menyiapkan kebutuhan bayi, dan memperhatikan secara detil kebutuhan sang isteri saat promil dan saat hamil akan menciptakan rasa percaya diri dan rasa aman pada isteri anda.

Ringkasan:
  • Persiapan Sebelum Program Kehamilan tidak hanya harus dilakukan bagi pasangan yang sulit hamil,
  • Beberapa gangguan kesehatan yang ada pada wanita bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada janin di dalam kandungan,
  • Penyakit berbahaya sebelum kehamilan perlu disembuhkan terlebih dahulu agar terhindar dari kondisi kegawatan dalam kehamilan.

Post a Comment for "Persiapan Sebelum Program Kehamilan"