Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat ASI saat Bayi Sakit

Manfaat ASI saat Bayi Sakit
Manfaat ASI untuk bayi tidak diragukan lagi, karena begitu besarnya dan selama ini belum atau bahkan tidak akan pernah bisa tergantikan dengan susu formula bahkan yang paling mahal sekalipun. Karena alasan itu dan sosialisasi besar-besaran yang dilakukan pemerintah, maka kesadaran menyusui meningkat pesat dalam beberapa waktu terakhir. Hal tersebut menyebabkan banyak bayi yang mendapat ASI terutama pada 6 bulan pertama kehidupannya.

Namun, yang masih disayangkan adalah pemberian ASI lebih banyak dilakukan pada bayi sehat, sedangkan untuk bayi yang sakit kesadaran pemberian ASI masih belum terlihat. Alur pemberian ASI di rumah sakit kepada bayi yang sakit memang tidak semudah yang terjadi pada bayi yang sehat. Sehingga akhirnya membuat bayi sakit lebih sulit untuk mendapat ASI. Setelah sebelumnya kami membahas bagaimana menyusui saat ibu sakit, pada artikel ini kami membahas, bagaimana manfaat menyusui ketika bayi sakit.

Bayi yang sakit sangat membutuhkan ASI untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. ASI juga merupakan makanan yang paling tepat untuk bayi dibawah 2 tahun. Banyak penelitian yang menemukan, bayi yang diberikan ASI full selama 2 tahun memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula sejak lahir.

Upaya menekan angka kematian bayi perlu juga melihat ke sisi pemberian ASI pada bayi sedang sakit. Hal ini dikarenakan bersifat krusial dalam menentukan kesehatan bayi di masa yang akan datang. Pemerintah bersikeras mencapai target Millenium Development Goals (MDGs), sedangkan pemberian ASI pada bayi yang sakit belum dapat ditangani dengan baik. Padahal perlu anda ketahui bahwa bayi yang meninggal karena tidak disusui menyumbang angka kematian bayi yang tinggi.

Bayi yang sedang sakit didefinisikan sebagai bayi yang perlu dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Perawatan bayi secara intensif ini dibutuhkan karena kondisi bayi yang lahir prematur atau belum cukup bulan, bayi lahir dengan berat badan rendah, atau bayi dengan penyakit tertentu yang membuat tidak bugar.

Pemberian ASI pada bayi yang dirawat di NICU memang membutuhkan teknik khusus yang terus dipelajari dan dikembangkan saat ini, dan terus diberikan perhatian agar dapat menekan angka kematian bayi yang sedang sakit. Tentu sebenarnya semua bayi perlu mendapat ASI, terutama pada bayi yang sakit. Meski ada beberapa kondisi yang membuat bayi sakit sulit mendapat ASI, seperti ibunya menderita penyakit infeksi berat seperti HIV, serta ada kontraindikasi seperti tidak boleh memberikan ASI melalui oral. Hal tersebut tentu tidak termasuk dalam kondisi tersebut.

Jadi apabila bayi anda sakit, dan masih sangat memungkinkan untuk pemberian ASI, maka jangan tunda hal tersebut. Karena nutrisi yang ada pada ASI akan meningkatkan system kekebalan tubuh bayi dan mempercepat penyembuhan pada bayi yang sakit.

Ringkasan:
  • Manfaat ASI untuk bayi sakit adalah meningkatkan kekebalan tubuhnya sehingga akan lebih cepat sembuh,
  • Pemberian ASI pada bayi yang sedang sakit dan dirawat di NICU membutuhkan teknik khusus yang terus dipelajari agar mengurangi angka kematian,
  • Bayi dengan ASI eksklusif di 6 bulan awal kehidupannya akan mempunyai daya tahan tubuh lebih di masa mendatang.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Manfaat ASI saat Bayi Sakit"