Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menyusui Bayi saat Ibu Sakit

Bolehkan Menyusui Bayi saat Sakit
Apakah Ibu yang sedang sakit Boleh menyusui Bayi? Hal ini sering menjadi pertanyaan, karena ibu tentu takut apabila penyakitnya menular melalui ASI yang dikonsumsinya. Hal ini akan terjawab pada artikel Tips Menyusui Bayi saat Ibu Sakit ini. Dan jawabannya tentu saja anda tidak perlu takut atau khawatir menyusui saat Anda sakit. Produksi ASI Anda tetap baik, karena ibu yang sakit tidak akan mengurangi kualitas ASInya.

Antibodi yang dibentuk ibu menyusui yang sedang sakit akan terdapat dalam ASI, sehingga memberikan zat kekebalan tubuh yang sama pada bayi, dan menghindarkan bayi tertular penyakit yang diderita ibu menyusui. Begitu juga obat-obatan yang harus dikonsumsi saat ibu menyusui sedang sakit. Hampir tidak mempengaruhi ASI, kecuali obat yang dikonsumsi tersebut adalah obat anti kanker dan ibu sedang menjalani pengobatan kanker dengan radioaktif.

Tips Menyusui Saat Flu Atau Demam

Bagi ibu yang sakit flu sebaiknya menggunakan masker saat menyusui dan dekat dengan bayi. Karena, virus penyebab flu dan demam mudah menular melalui bersin atau batuk. Ibu menyusui juga tidak perlu ragu mengonsumsi obat-obatan gejala flu dan demam yang diberikan dokter.

Tips Menyusui Saat Diare

Diare adalah penyakit yang menyebabkan penderita buang air besar (BAB) dengan frekuensi lebih sering (bisa lebih dari 6 kali sehari). Karena Diare dapat menyebabkan dehidrasi, ibu menyusui harus segera makan dan minum (yang tidak merangsang lambung) untuk mengganti cairan yang dikeluarkan. Dan apabila ingin menyusui bayi, sebaiknya cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu, karena kuman yang menyebabkan diare bisa ditularkan melalui tangan.

Tips Menyusui Saat Terkena Penyakit Hepatitis A

Menurut American Academy of Pediatrics, belum ditemukan bukti penularan penyakit hepatitis A melalui ASI. Namun, untuk mencegah penularan kepada bayi, ibu menyusui harus rajin mencuci tangan sebelum menyusui bayi. Seperti obat flu, obat Hepatitis A juga tidak mempengaruhi produksi dan kualitas ASI, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya.


Tips Menyusui untuk Penderita Diabetes

Diabetes mellitus bukanlah penyakit menular, tapi perlu mendapat perhatian, karena dengan menyusui justru menguntungkan ibu yang menderita diabetes. Hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian bahwa Ibu menyusui yang sebelumnya mengalami DM gestasional (diabet yang muncul saat hamil) risikonya akan berkurang s di masa yang akan datang. Perubahan hormon dalam tubuh saat menyusui dapat membantu mencegah meningkatnya kadar gula darah dan membuat ibu merasa lebih baik.

Ringkasan:
  • Ibu boleh menyusui bayinya karena Virus atau bakteri penyebab penyakit tidak menular melalui ASI,
  • Menyusui Bayi saat Ibu Sakit akan mentransfer zat kekebalan tubuh yang sama pada bayi sehingga tidak mudah tertular,
  • Obat-obatan yang dikonsumsi ibu menyusui saat sakit hamper tidak mempengaruhi kualitas dan produksi ASI.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Tips Menyusui Bayi saat Ibu Sakit"