Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Senam Ibu Hamil di Rumah

Panduan Senam Ibu Hamil di Rumah
Senam Ibu Hamil bisa menjadi persiapan yang dilakukan sebelum proses persalinan, karena dengan gerakan  senam ibu hamil dapat membantu proses persalinan normal bagi yang memenuhi prasyaratnya. Kehamilan, tentu membuat keadaan wanita berbeda seperti sebelum hamil. Hal ini tentu saja karena janin di dalam kandungan, yang kadang membuat ibu hamil merasakan sangat lelah, emosional tidak terkontrol dan rasa cemas yang berlebihan.

Dari kondisi tersebut diatas, maka ibu hamil trimester tiga sebaiknya melakukan senam hamil, sehingga tetap bugar, terhindar dari stres dan lebih rileks. Rasa cemas berlebihan, wajar terjadi pada ibu hamil, hal ini karena bayangan rasa sakit yang hebat saat persalinan caesar ataupun proses persalinan normal. Dengan Senam Hamil diharapkan membuat proses kelahiran lebih mudah, dan rasa sakit berkurang.

Gerakan Senam Ibu Hamil


Senam ini bisa dilakukan sampai tanda tanda akan melahirkan sudah dekat, dengan tujuan melatih otot-otot vital (otot perut, panggul, paha) yang digunakan saat proses persalinan. Adapun beberapa teknik senam hamil yang bisa anda pelajari, adalah sebagai berikut:
  1. Posisi awal Senam Ibu Hamil, adalah dengan posisi duduk sila dengan  tubuh tegak dan posisi kedua lengan mengarah ke depan dan gerakan ini dilakukan dengan rileks.
  2. Gerakan merangkak Pertama, adalah dengan menundukan kepala dan lihat bagian perut, angkat pinggang bersamaan dengan itu kempiskan perut dan mengerutkan dubur. Turunkan pinggang dengan mengangkat kepala, kemudian lemaskan otot dinding perut dan otot dasar panggul anda.
  3. Gerakan merangkak Kedua, adalah dengan meletakan kepala di antara kedua tangan lalu menoleh ke kiri dan kanan. Setelah itu badan di turunkan sehingga dada menyentuh lantai. Hal ini bisa dilakukan dengan menggeser siku tangan sejauh mungkin ke samping badan orang tersebut dan pertahankan posisi tersebut selama satu menit.
  4. Gerakan senam hamil berbaring Pertama, diawali dengan berbaring miring ke kiri dengan meletakkan lutut kanan di atas lutut kiri (agar lebih nyaman kaki yang diatas boleh diganjal bantal). Tekuk lengan kanan ke depan kemudian lengan kiri ke belakang badan.
  5. Senam hamil berbaring Kedua, dimulai dengan posisi kedua lengan di tekuk, lalu pada bagian kepala dan punggung diganjal dengan bantal agar lebih nyaman. Lakukan gerakan seam hamil ini dengan tenang, dan lakukan pernapasan secara berirama.

Manfaat Senam Ibu Hamil


Gerakan senam hamil di atas, secara umum bermanfaat untuk meletih otot sehingga mampu menghindari kejang betis atau wasir saat proses persalinan. Adapun manfaat lain gerakan senam ibu hamil adalah:
  • Memperbaiki teknik pernapasan, karena pada senam hamil ini dapat melatih pernapasan agar mendapatkan manfaat oksigen. selanjutnya teknik pernapasan dikembangkan agar ibu hamil siap menghadapi persalinan.
  • Melatih Elastisitas dan memperkuat otot pada dinding perut, dengan tujuan mencegah keluhan nyeri di bokong atau wasir.
  • Melatih relaksasi, untuk menghindari stres, karena pada saat mendekati persalinan, kontraksi akan mulai dirasakan. Sehingga dengan latihan senam hamil, kontraksi dan relaksasi yang diperlukan untuk mengatasi ketegangan atau rasa sakit saat proses persalinan.
Dengan melakukan gerakan senam hamil secara rutin setiap hari, diharapkan kondisi ibu tetap sehat dan bugar sehingga saat proses persalinan ibu hamil akan merasa rileks dan tetap bugar.

Ringkasan:
  • Senam Ibu Hamil di Rumah bisa dilakukan saat usia kehamilan lebih dari 6 bulan dan sebaiknya dengan pengawasan,
  • Gerakan Senam Ibu Hamil di rumah diantaranya dengan duduk bersila, merangkak, dan berbaring,
  • Manfaat Senam Hamil adalah Melatih pernapasan, melatih Elastisitas dan memperkuat otot dan Relaksasi.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Panduan Senam Ibu Hamil di Rumah"