Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Flu pada Anak-Anak yang Berbahaya

Mengatasi Flu pada Anak
Flu pada Anak merupakan hal yang wajar dialami oleh anak-anak. Biasanya Flu menjadi gejala Penyakit Infuenza, Namun juga bisa disebabkan karena hal yang berbahaya, seperti terjadinya infeksi paru-paru. Hal ini diketahui berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk mengklasifikasikan beberapa faktor yang meningkatkan risiko infeksi paru-paru tersebut.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Pediatrics ini lebih mengkhususkan pada bayi dan anak-anak prasekolah yang terinfeksi rhinovirus. Virus ini memang kelompok virus yang paling sering menyebabkan flu pada anak atau bayi.

Pada awalnya, rhinovirus memang diduga hanya dapat menyebabkan gejala influenza biasa. Namun, dari penelitian terbaru ini didapatkan bahwa kelompok virus ini juga bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang lebih parah, seperti pneumonia dan bronkhitis pada anak-anak.

Para peneliti dari Brasil juga melakukan analisis data dari 434 bayi dan anak-anak yang melakukan pemeriksaan kepada dokter karena gejala penyakit pernapasan. Sebagian kecil dari mereka terinfeksi rhinovirus, tetapi gejala yang mereka alami sudah mencapai pada tahapan sedang hingga parah, seperti bersin, sulit bernapas, dan batuk parah.

Sebagian besar bayi dan anak-anak ternyata juga memiliki faktor risiko infeksi pernapasan yang tinggi, penyakit jantung, dan asma. Hal tersebut menyebabkan anak-anak lebih mudah terkena infeksi. Penelitian ini menunjukkan pentingnya orang tua untuk melindungi anak-anak yang berisiko tinggi mudah terkena virus. Yaitu dengan menghindarkan pada orang-orang disekitar yang sedang sakit flu. Hal ini juga termasuk melindungi mereka dari teman sebaya yang sedang sakit flu.

Dalam penelitian ini,  didapatkan 42 % anak-anak terinfeksi rhinovirus sekaligus terinfeksi virus lain, dan yang paling sering adalah respiratory syncytial virus (RSV). Virus RSV ini menjadi penyebab flu sekaligus dapat memicu inflamasi dalam saluran pernapasan dari paru-paru sehingga memicu terjadinya pneumonia dan bronchiolitis terutama pada bayi.

Bagi kebanyakan anak, infeksi rhinovirus biasanya hanya menimbulkan gejala yang ringan seperti flu. Sedangkan, RSV baik sendiri atau bersama rhinovirus, dapat menyebabkan gejala yang lebih serius pada anak-anak.

Ringkasan:
  • Flu pada anak merupakan hal yang wajar dan menjadi gejala influenza yang sering disebabkan karena rhinovirus,
  • Flu pada anak juga bisa menjadi indikasi adanya virus RSV yang menjadi penyebab pneumonia dan bronchiolitis,

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Gejala Flu pada Anak-Anak yang Berbahaya"