Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Anak Telat Bicara dan Solusinya

Mengatasi Keterlambatan Bicara pada Anak
Anak Telat Bicara saat ini menjadi permasalahan yang umum terjadi, dan memang kasusnya terus bertambah dari tahun ke tahun. Berbicara menjadi salah satu kemampuan dasar manusia, untuk dapat berkomunikasi serta memahami informasi. Kemampuan berbicara anak juga berpengaruh besar pada kecerdasan. Sehingga sangat wajar, apabila banyak orang tua yang khawatir apabila anaknya mengalami keterlambatan berbicara.

Dari data yang dikumpulkan dari 7 rumah sakit di Indonesia pada tahun 2007, didapatkan hasil bahwa gangguan bicara dan bahasa menempati urutan pertama bentuk gangguan pertumbuhan anak. Banyak faktor penyebab Anak Telat Bicara, dan yang paling banyak disebabkan karena kurangnya stimulasi dari lingkungan.

Hal ini diperkuat oleh penelitian lain yang menyebutkan bahwa gangguan Pertumbuhan anak ini lebih sering ditemukan di desa yang mencapai angka 30%, di kota 19%. Hal ini lebih sering disebabkan karena faktor pola asuh, dimana Anak di desa digendong tanpa distimulasi sampai usia 2 tahun.

Gangguan Medis Penyebab Anak Telat Bicara


Selain karena kurangnya Stimulasi, Anak terlambat Bicara juga bisa disebabkan karena beberapa gangguan medis, seperti adanya kelainan pada mulut anak (oral motor), langit-langit mulut serta lidah terlalu pendek, sehingga menyebabkan gerakan lidah terhambat untuk menghasilkan kata.

Gangguan oral motor juga memicu komunikasi di area otak yang bertugas menghasilkan kata-kata tidak efisien. Anak pada kasus ini akan sulit menggunakan dan mengoordinasikan lidah, bibir, dan rahang, untuk mengucap kata-kata. Selain terlambat bicara, anak-anak yang memiliki gangguan oral motor biasanya juga mengalami kesulitan makan.

Penyebab Anak Telat Bicara yang selanjutnya adalah karena adanya gangguan pendengaran. Sehingga sangat penting ketika melakukan pemeriksaan tumbuh kembang, ahli patologis bicara akan terlebih dulu melakukan tes pendengaran. Penyebab lain yang juga dicurigai menjadi Penyebab Anak Telat Bicara adalah karena kurang gizi sejak dalam kandungan.

Perjalanan Perkembangan anak khususnya masalah keterlambatan berbicara harus dipantau karena memang sulit diprediksi. Setiap orangtua harus beranggapan bahwa anaknya beresiko mengalami gangguan komunikasi ini sehingga aktif memantau pertumbuhannya. Dan apabila ada masalah sekecil apa pun, bisa cepat diketahui dan lebih cepat ditangani dengan berkonsultasi kepada dokter ahli.

Ringkasan:
  • Gangguan Kemampuan Berbicara Anak terus meningkat dari tahun ke tahun dan lebih banyak pada anak yang tinggal di desa,
  • Penyebab Anak Sulit Bicara yang tertinggi adalah kurangnya stimulasi berbicara sejak bayi,
  • Penyebab lain Anak terlambat Bicara adalah karena gangguan oral motor, gangguan pendengaran dan kurang gizi sejak dalam kandungan.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Penyebab Anak Telat Bicara dan Solusinya"