Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak

Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak
Kemampuan Bicara Anak memang harus dilatih sejak dini, agar kosakatanya semakin beragam dan diucapkan dengan benar. Perlu anda ketahui bahwa anak-anak usia 18 bulan sampai 2 tahun, belajar satu kata baru dalam waktu satu minggu. Dan sudah mampu mengucapkan sekitar 50 sampai 100 kata saat berusia 2 tahun.

Untuk mencapai hasil yang maksimal tersebut, anda bisa mengajak buah hati untuk berbicara sepanjang hari mengenai banyak hal. Karena semakin banyak berbicara kepada anak-anak, maka akan semakin banyak kara yang akan dipelajari. Di bawah ini beberapa Tips Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak, yang bisa anda lakukan:

Sering Berbicara kepada Anak

Selama melakukan aktivitas buah hati, seringlah mengajak berbicara meski saat mandi, memilih pakaian, mengenakan pakaian dan kegiatan lainnya. Ungkapkan semua yang dilakukan orangtua dalam kata-kata sehingga anak bisa mendengar lebih banyak kata-kata yang baru. Saat menjelang tidur anda juga bisa bercerita, atau sekedar bernyanyi untuk anak anda.

Membacakan Buku Cerita Kepada Anak

Agar Anak tidak bosan, anda bisa mengkreasikan cara membaca cerita agar lebih menarik. Ubahlah suara anda sesuai dengan karakter pada tokoh yang sedang dibacakan. Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengenalkan anak dengan kata-kata baru. Jangan menggantikan aktivitas mendongeng dengan tayangan televisi, karena intonasi dan tempo pada media tersebut tidak tepat seperti saat anda berbicara langsung dengan buah hati. Tempo percakapan pada televisi terlalu cepat, dan belum seseuai dengan kemampuannya untuk memahami makna dari kata yang diucapkan.

Tunjukkan Bentuk Nyata Benda

Agar anak cepat berbicara, sebaiknya orangtua mengatakan sesuatu kepada anak sambil menunjukkan wujud nyata dari apa yang diucapkan. Agar lebih berfariasi, anda juga dapat mengajak anak ke kebun binatang dan menyebutkan benda serta binatang yang ada di sana sambil menunjukkan bentuk fisik yang nyata. Menyebut, Menunjuk, dan menjelaskan sebuah benda akan meningkatkan perkembangan bayi mulai dari bahasa, perkembangan kognitif dan sosial buah hati.

Ringkasan:
  • Anak-anak berusia 18 bulan sampai 2 tahun, akan belajar satu kata baru perminggu,
  • Anak berumur 2 tahun seharusnya telah mempu mengucapkan 50-200 kata,
  • Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak bisa dengan  Sering Berbicara kepada Anak, Membacakan Buku Cerita, Tunjukkan Bentuk Nyata Benda.

Post a Comment for "Tips Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak"