Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertolongan Pertama Orang Kejang Epilepsi

Mengatasi Orang Kejang Epilepsi
Kejang adalah salah satu gejala yang dialami seseorang yang mempunyai penyakit epilepsi. Adapun epilepsi bisa dialami oleh anak-anak atau orang dewasa. Gejala Kejang Epilepsi umumnya adalah penderita menangis, membuat suara, seluruh tubuh kaku selama beberapa detik sampai satu menit dan selanjutnya mengalami gerakan ritmis pada lengan dan kaki yang akan melambat sebelum berhenti.

Mata Orang kejang Epilepsi umumnya terbuka, tampak tidak bernapas dan benar-benar berubah menjadi biru, keluar urin (mengompol). Sedangkan pada anak-anak, biasanya terjadi penurunan kesadaran berupa tatapan mata kosong dan kejang yang terjadi singkat, hanya berlangsung beberapa detik.

Saat anda mendapati orang kejang karena epilepsi, sebaiknya tidak perlu panik, namun atasi dengan cara-cara sebagai berikut:
  • Jangan memasukkan apa pun ke dalam mulut, memaksa mereka membuka mulut atau giginya. Karena memasukkan sesuatu ke dalam mulut justru akan membahayakan, seperti menutup saluran pernapasan.
  • Jangan mengekang gerakan Orang Kejang Epilepsi karena justru dapat membuatnya cidera.
  • Jangan memeluk seseorang yang sedang kejang atau berusaha menghentikan kejangnya. karena, kejang tersebut biasanya akan berlangsung kurang dari 5 menit dan akan sembuh dengan sendirinya.
  • Jauhkan Orang Kejang Epilepsi dari tempat berbahaya, misal api, listrik, jalan raya dan benda-benda tajam.
  • Anda bisa memiringkan posisi badan Orang Kejang Epilepsi dan berikan bantal untuk kepalanya. Hal ini akan membantunya lebih mudah bernapas, dan aman untuk apabila kejang disertai muntah.
  • Setelah kejang, penderita epilepsy mungkin akan merasa bingung. Sehingga pada saat itu dia membutuhkan dukungan moril dan simpati dan jangan bebani mereka dengan rasa cemas.
  • Sesaat setelah kejang berhenti, jangan memberikan minum apapun, atau obat anti epilepsi. Namun apabila kejang terjadi lebih  5 menit atau berulang-ulang sehingga menimbulkan gejala trauma, segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan epilepsi yang tepat.
Ringkasan:
  • Penyakit Epilepsi bisa diderita oleh anak-anak maupun dewasa,
  • Gejala Epilepsi adalah kejang disertai menangis, membuat suara, tubuh kaku dan selanjutnya mengalami gerakan ritmis pada tangan dan kaki,
  • Mengatasi Orang Kejang Epilepsi tidak boleh memasukan apapun ke mulutnya dan menahan gerakannya.

Post a Comment for "Pertolongan Pertama Orang Kejang Epilepsi"