Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diagnosa Diabetes dari Kesehatan Mulut

Kesehatan Mulut
Tidak sedikit kasus diabetes ditemukan setelah pasien melakukan memeriksakan ke dokter gigi, karena mengalami gangguan rongga mulut. Hal ini dikarenakan gejala diabetes melitus ternyata juga bermanifestasi dalam rongga mulut. Adapun keluhan pasien diabetes yang sering dirasakan adalah gigi goyang, bau mulut tidak sedap (seperti bau aseton), rongga mulut terasa kering dan sulit menelan makanan.

Manifestasi Penyakit Diabetes didalam rongga mulut biasanya ditemukan pada  tahap lanjut, karena memang hampir tidak ada perbedaan antara penderita di fase awal. Gejala Diabetes yang ditemukan di mulut ini, yang lain seperti peningkatan lubang gigi, peradangan jaringan pendukung gigi (periodotitis) yang menyebabkan gigi menjadi goyang, lichen planus, gusi sering berdarah, produksi air liur berkurang, kandidiasis atau jamur, sensasi rongga mulut seperti terbakar, gangguan dalam penelanan dan gangguan saat mengunyah makanan.

Pada tahap lanjut yang menendakan gula darah tidak terkontrol akan terjadi Mukosa yang pucat dan rasa sakit yang menyeluruh pada gigi, tanpa adanya rangsangan (odontalgia) yang disertai perubahan warna.

Peradangan jaringan pendukung  (periodontitis) yang menyebabkan gigi menjadi goyang merupakan gejala gangguan kesehatan mulut akibat diabetes yang mudah dikenali. Kerusakan dan berkurangnya tulang disekitar akar gigi yang terjadi karena peradangan akan mengakibatkan gigi tidak stabil kemudian beberapa gigi mulai goyang.

Mulut  kering dengan bau tidak sedap seperti bau aseton, ganguan menelan dan sensasi rongga mulut seperti terbakar merupakan gejala diabetes melitus yang  disebabkan produksi air liur berkurang.

Selain gejala umum pada mulut tersebut diatas, penderita diabetes melitus juga akan mengalami gejala lain seperti peningkatan frekuensi makan, peningkatan frekuensi buang air kecil dan peningatan frekuensi minum. Sehingga apabila anda mengalami gejala gabungan yang sudah kami jelaskan diatas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke spesialis penyakit dalam dan dokter gigi sekaligus melakukan tes di laboratorium.

Ringkasan:
  • Panyakit Diabetes bisa memunculkan gangguan kesehatan di mulut,
  • Gangguan pada mulut sering kali menjadi penyebab awal seseorang diketahui mempunyai penyakit diabetes,
  • Mulut  kering, mulut bau tidak sedap seperti bau aseton, ganguan menelan dan air liur berkurang bisa menjadi indikasi adanya penyakit diabetes.

Post a Comment for "Diagnosa Diabetes dari Kesehatan Mulut"