Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beras Analog Sehat untuk Penderita Diabetes

Jenis Beras Analog
Beras Analog adalah beras buatan yang dikembangkan sejak tahun 2012 oleh para peneliti di Institut Pertanian Bogor (IPB). Beras Analog dibuat dnegan bahan baku singkong, jagung, tepung sagu, umbi-umbian, dan beberapa sumber karbohidrat lain. Pembuatan Beras ini bertujuan untuk diversifikasi bahan pangan untuk mengurangi ketergantungan konsumsi terhadap beras yang berasal dari padi.

Fransisca Rungkat Zakaria, selaku Guru Besar Ilmu Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB, bahan baku beras analog ini mempunyai kandungan indeks glikemik (glukosa dalam karbohidrat yang terdapat pada suatu pangan) yang lebih rendah dibandingkan beras padi. Namun meski indeks glikemik lebih rendah, beras ini tetap mampu mecukupi kebutuhan karbohidrat dan gizi sesuai dengan beras dari padi.

Dengan kandungan dan gizi yang hampir sama dengan beras padi namun Indeks Glikemik lebih rendah, beras analoh ini tentu lebih sehat terutama bagi penderita diabetes melitus. Dengan mengonsumsi beras analog, kadar gula darah penderita diabetes melitus lebih mudah terkontrol.

Beras analog yang dikembangkan oleh peneliti dari IPB ini mempunyai bentuk dan rasa yang mirip dengan beras dari padi, sehingga para pasien diabetes melitus tidak perlu mengubah pola makan, karena cara mengonsumsi beras analog sama seperti beras padi. Hal ini tentu sangat menguntungkan, karena memang sampai saat ini nasi masih menjadi makanan utama mayoritas masyarakat Indonesia khususnya pulau jawa.

Kelamahan Beras Analog adalah harga jual yang memang masih mahal. Harga jual yang mahal, disebabkan kareana berdasarkan bahan baku dan proses pembuatan beras analog yang cukup sulit. Namun para peneliti, beras analog diharapkan menjadi salah satu diversifikasi pangan, sehingga mampu mengurangi ketergantungan angka impor beras dalam negeri dan apabila dikembangkan dalam jumlah besar, harganya akan lebih murah.

Dengan penekanan beras import, maka kasus beras plastik atau beras sintetik yang akhir-akhir ini ditakutkan masyarakat dapat dihindarkan. Beras plastik sangat berbahaya, karena dalam jangka pendek dapat mengganggu pencernaan sedangkan dalam penggunaan jangka panjang, dapat meningkatkan risiko kanker mematikan

Ringkasan:
  • Beras Analog yang sehat untuk pasien diabetes melitus sudah tiga tahun dikembangkan oleh para peneliti di IPB,
  • Bahan Baku Beras Analoh adalah singkong, umbi-umbian, jagung, tepung sagu dan sumber karbohidrat yang lain,
  • Harga Jual Beras Analoh lebih mahal dibandingkan beras padi karena bahan yang digunakan lebih banyak.

Post a Comment for "Beras Analog Sehat untuk Penderita Diabetes"