Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Kelebihan Beras Hitam
Beras Hitam mempunyai banyak kelebihan apabila dibandingkan dengan beras putih. Jenis beras ini banyak tumbuh di wilayah benua Asia dan pada jaman dinasti di Tiongkok, Beras Hitam hanya boleh dikonsumsi oleh kalangan kerajaan, sehingga lebih dikenal sebagai beras “terlarang”.

Banyak hal yang membuat beras hitam lebih baik dibandingkan beras putih, salah satunya adalah bagian terluar beras merah banyak mengandung serat, vitamin B1, B3, B6, vitamin E, mangan, zat besi, phosphor,  antioksidan anthocyanin (yang memberikan warna ungu kehitaman pada beras), asam amino dan asam lemak esensial. Karena banyaknya kandungan gizi pada bagian terluar beras ini, menyebabkan beras hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak.

Kandungan zat gizi termasuk serat dan antioksidan anthocyanin yang terdapat pada beras hitam berfungsi untuk mengurangi resiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, peningkatan kolesterol dan darah tinggi.

Beras Hitam untuk Pasien Diabetes

Penyakit Diabetes adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi disebabkan karena hormon insulin yang jumlahnya kurang atau bisa juga jumlah insulin cukup bahkan lebih namun kurang efektif. Jadi kadar gula darah pasien diabetes yang tinggi tidak disebabkan karena mengkonsumsi nasi.

Nasi dan sumber karbohidrat lain, seperti: mie, roti, tepung, singkong, ubi, jagung, gula, dll) akan meningkatkan kadar gula darah, namun apabila kinerja insulin baik dan jumlahnya cukup, maka gula darah akan tetap stabil.

Bagi anda yang ingin mencegah penyakit diabetes, bisa melakukan pola gaya hidup sehat dengan cara :
  • Diet menggunakan dengan slogan 3J (umlah, jenis dan jadwal). Dalam artian; makanlah sesuai jumlah yang diperlukan tubuh, jangan berlebihan dengan Jenis atau bahan makanan yang mengandung banyak serat, indeks glikemik yang rendah seperti sayuran, buah-buahan dan Jadwal yang teratur 5-6x sehari dalam bentuk sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore dan makan malam.
  • Melakukan Aktivitas fisik yang teratur seperti jalan kaki, bersepeda, jogging, berenang sekitar 30 menit per hari
  • Melakukan gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup, tidak merokok, menghindari alkohol, menghindari stres.
Ringkasan:
  • Kelebihan Beras hitam adalah lebih banyaknya kandungan gizi dan serat di bagian luarnya,
  • Kandungan zat gizi termasuk serat dan antioksidan anthocyanin mampu mengurangi resiko diabetes,
  • Resiko Penyakit Diabetes juga bisa dilakukan dengan melakukan pola makan dan gaya hidup sehat.

Post a Comment for "Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan"